Beauty hack seems to be getting crazier. Tidak cukup dengan menggunakan lipstick sebagai pengganti eyeshadow dan blusher, pada pertengahan tahun lalu muncul beauty trend yang menggunakan liquid lipstick sebagai pengganti eyeliner. Biasanya, liquid lipstick digunakan untuk menggantikan color eyeliner jika tidak ingin membeli eyeliner berwarna karena pasti akan jarang digunakan. Sadly, ternyata beauty hack ini tidak direkomendasikan untuk dicoba karena beberapa kandungan di dalam lipstick tidak baik jika diaplikasikan pada mata. Berikut ini ada beberapa alasannya menurut Slone Mathieu, seorang Dokter Estetika dan Direktur Spa di Dream Spa Medical, yang dilansir dari Bustle. 
 

source: https://www.youtube.com/watch?v=cqAH9xT4Ydc


 


Bahan-Bahan pada Liquid Lipstick Bisa Menimbulkan Iritasi



Tahukah kamu kalau lipstick yang long-lasting itu biasanya mengandung alkohol yang tinggi? Alkohol ini mungkin aman-aman saja kalau digunakan pada kulit bibir, tapi belum tentu kulit matamu resistant terhadap alkohol ini. As you know, kulit mata cenderung lebih tipis dibandingkan area kulit lainnya di tubuh sehingga membuatnya sangat sensitif. Karena itu, kandungan alkohol yang ada di dalam lipstick bisa menyebabkan iritasi di area sekitar mata. Belum lagi, kandungan wax, lemak, minyak dan emollient yang digunakan untuk menjaga bibir tetap lembap juga bisa menyebabkan iritasi jika digunakan pada mata. 
 

baca juga


Rentan Terjadi Cross-Contamination



Yup, tidak hanya bahan-bahan aktif pada lipstick tidak sesuai untuk kulit mata, tapi tentu saja jika kamu menggunakan lipstick pada mata bisa menyebabkan masalah cross-contamination. Lipstick yang sebelumnya digunakan pada bibir tentu saja menampung bakteri yang terdapat di bibir. Lalu jika kamu mengaplikasikannya ke mata, tentunya bakteri tersebut akan berpindah ke kulit matamu, and this will be bad. Mathieu menyebutkan bahwa cross contamination ini berisiko besar menimbulkan infeksi pada area mata yang lebih sensitif. 
 


Beberapa Bahan Aktif pada Liquid Lipstick Tidak Aman untuk Kulit Mata



Selain menyebabkan iritasi pada mata, kamu juga harus tahu kalau bahan aktif yang terkandung di dalam liquid lipstick juga sangat berbahaya untuk kulit mata. Walaupun produk lipstick dan eye makeup memiliki kesamaan dalam hal bahan aktif, tapi ada satu hal yang membuatnya berbeda, yaitu bahan pewarna yang digunakan. Lipstick mengandung bahan pewarna, zat aditif, dan juga pigmen yang tidak aman untuk kulit mata. Bahkan, kamu juga mungkin akan notice kalau di beberapa palet eyeshadow dengan warna merah atau warna cerah lainnya terdapat peringatan bahwa wara-warna tersebut tidak aman untuk mata. Jadi, sebaiknya kamu hindari penggunaan liquid lipstick untuk eyeliner-mu jika kamu tidak ingin muncul permasalahan pada area mata. 
 

baca juga


In conclusion, trend beauty hack menggunakan liquid lipstick sebagai eyeliner sangat tidak direkomendasikan. Tapi, jika kamu benar-benar ingin mencoba trend ini out of your curiosity, kamu harus sangat jeli memeriksa ingredient list-nya dan memastikan bahwa lipstick tersebut masih aman untuk digunakan di mata. Selain itu, pastikan juga kalau kamu menggunakan liquid lipstick baru yang belum pernah kamu gunakan di bibir untuk menghindari cross contamination bakteri. Lalu, jangan gunakan terlalu sering dan terlalu lama ya agar permasalahan yang tidak diinginkan tidak terjadi. Jika sudah mulai muncul tanda-tanda iritasi pada mata, sebaiknya hentikan penggunaannya. Stay safe, Beautynesian!