UVA dan UVB

Sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kulit, yaitu gelombang panjang ultraviolet A (UVA) dan gelombang pendek ultraviolet B (UVB). Bedanya, UVA dapat menembus hingga lapisan terdalam kulit, yaitu lapisan dermis, dan menyebabkan penuaan dan keriput pada kulit. Sedangkan UVB dapat menyebabkan permukaan kulit terbakar dan meningkatkan resiko kanker kulit.

 

source: http://www.skinrevisionaz.com/generalskinhealth/protecting-your-skin-health-with-spf-and-then-some/


 

SPF

Kamu pasti familiar dengan istilah SPF yang selalu ada pada sunblock. SPF adalah kependekan dari Sun Protection Factor, yaitu satuan yang digunakan untuk mengukur berapa lama sunblock dapat melindungi kulitmu dari sinar ultraviolet sebelum terkena sunburn.

Biasanya, varian SPF pada sunblock yang direkomendasikan yaitu SPF 15, SPF 30, dan SPF 50. SPF 15 sudah melindungi 93% kulitmu dari total UVB yang mengenai permukaan kulitmu, SPF 30 melindungi sebesar 97%, dan SPF 50 melindungi sebesar 98%. Saat kulitmu terekspos sinar matahari langsung, sunblock perlu dioles ulang (reapply) sekitar 2 jam sekali agar kulitmu tetap terlindung dari bahaya sinar ultraviolet. Semakin besar nilai SPF pada sunblock, maka semakin lengket dan terasa “berat” pula sunblock di kulitmu.

 

source: http://www.oufa-travel.com/info/tpage702


 

baca juga

Sunblock Kimia vs Sunblock Fisika

Terdapat 3 jenis sunblock, yaitu fisika, kimia, dan campuran (fisika-kimia). Yang membedakan ketiga sunblock ini adalah komposisi dan cara kerjanya. Sunblock fisika bekerja dengan cara memantulkan sinar UV yang mengenai permukaan kulitmu, sedangkan sunblock kimia bekerja dengan cara menyerap sinar UV sebelum merusak kulit.

Selain itu, sunblock fisika tidak diserap oleh kulit melainkan hanya melapisi lapisan kulit saja, sedangkan sunblock kimia diserap oleh kulit. Untuk itu dalam pemakaiannya, sunblock kimia perlu digunakan 15-30 menit sebelum kamu beraktivitas di luar rumah agar dapat terserap dengan baik oleh kulit dan memberikan perlindungan optimal.

source: https://es.pinterest.com/pin/89368373834300485/