Mewarnai rambut memang bisa menciptakan kesan lain seperti fresh, anggun, keren, dan berbagai kesan lainnya. Namun, kamu juga sebaiknya tahu kalau mewarnai rambut juga rentan membuatnya rusak.

Terlalu sering mewarnai rambut akan menyebabkan kerontokan, rapuh, kering, dan juga kusam. Hal ini disebabkan karena zat kimia yang ada dalam pewarna rambut. Untuk itu, kamu memerlukan perawatan rambut ekstra agar kamu bisa tampil percaya diri dengan rambut berwarna tanpa merusak kesehatannya. 


 

Rutin Pakai Vitamin dan Kondisioner

source: https://womantalk.com/beauty/articles/5-kesalahan-besar-saat-memakai-conditioner-rambut-y17aq

Jika rambutmu telah diwarnai dan sering gonta-ganti warna, maka pemberian vitamin ataupun serum sangat wajib untuk dilakukan. Kenapa? Sebab, vitamin dapat berguna untuk mengembalikan nutrisi rambut yang rusak. Selain vitamin, kamu juga perlu menggunakan kondisioner. Pemakaian pewarna rambut berisiko membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Nah, dengan pemberian kondisioner, maka masalah tersebut bisa diatasi, karena kondisioner memiliki fungsi melembapkan rambut dan mencegahnya dari kekeringan. 

 

baca juga

Mulailah Minimalkan Penggunakan Catok

Rambut yang tidak diwarnai saja akan rusak jika terlalu sering diluruskan memakai catokan, apalagi rambut yang diwarnai. Terlalu sering memakai catokan pada rambut yang diwarnai jelas akan memberikan beban pada rambut, yaitu zat kimia dari pewarna rambut, dan panas dari catokan, sehingga rambut akan mudah kering dan rapuh. Untuk itu, agar rambutmu tidak rusak saat diwarnai, maka ada baiknya batasi penggunakan catokan. 

source: http://www.cukurata.com/p/cara-mencatok-rambut-dengan-benar.html



 

Membuat Masker Rambut Alami

source: http://styletips101.com/hair/this-miracle-hair-mask-made-my-hair-grow-in-7-days.html

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa menjaga kesehatan rambut dengan cara membuat masker rambut alami di rumah. Masker alami berguna untuk menjaga agar rambutmu tetap sehat tanpa menimbulkan efek samping. 

Salah satu masker rambut alami yang bisa kamu aplikasikan yaitu dengan menggunakan alpukat. Alpukat sangat ahli dalam hal melembapkan dan melembutkan rambutmu. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menghancurkan alpukat hingga berbentuk pasta dan campurkan dengan sedikit madu. Setelah itu, masker rambut alpukat pun bisa langsung kamu aplikasikan pada rambut. 
 

baca juga

Cukup simple kan, Beuatynesian? Hanya saja, meski kamu sudah melakukan tips-tips tersebut, ada baiknya tidak terus-menerus gonta-ganti warna rambut tanpa jeda ya. Karena meskipun kamu sudah melakukan cara tersebut, rambutmu tetap rentan rusak jika penggunaan warna rambut terlalu over

Tidak hanya kerusakan pada rambut lho, mewarnai rambut juga berisiko mengakibarkan gangguan kesehatan termasuk alergi di kulit kepala. Untuk itu, ada baiknya beri jeda yang cukup untuk mengecat kembali rambutmu, dan yang terpenting, pilih pewarna rambut yang berkualitas dan aman dipakai. Semoga bermanfaat!