Ladies, apakah kamu tipe orang yang memilih hijab berdasarkan motif atau harga dan seringkali tidak mempedulikan bahan? Jika ya, kamu perlu mengubah cara belanjamu mulai dari sekarang. Mengetahui bahan hijab yang hendak dibeli sangat penting lho, Beautynesian! Jika kamu mengetahui berbagai jenis bahan hijab dan kelebihan serta kekurangan masing-masing bahan, kamu bisa memilih mana yang paling sesuai dan nyaman buatmu. Namun, selain mengetahui bahan-bahan hijab, tentunya kamu juga perlu mengetahui cara merawatnya supaya awet. Yuk, langsung aja simak selengkapnya di bawah ini!
 

Bahan Spandek

Spandek tidak hanya sering dijadikan untuk baju olahraga, tetapi juga untuk hijab. Kelebihan dari hijab dengan bahan spandek ini yaitu lembut dan elastis. Dengan sifat ini, maka hijab dengan bahan spandek sangat mudah dibentuk sesuai dengan bentuk wajahmu. 

Namun sayang, beberapa bahan spandek memiliki daya serap yang tidak begitu baik sehingga keringat tidak mudah terserap dan terasa gerah saat dipakai. Nah, jika kamu memiliki hijab yang berbahan spandek di rumah, kamu  kamu perlu mencucinya secara manual karena jika dengan mesin, hijab spandek bisa mudah melar dan rusak.
source: http://www.bintang.com/style/read/2520980/model-dan-bahan-jilbab-yang-nyaman-dipakai-saat-cuaca-panas


 

baca juga

Bahan Sutra

Hijab dari bahan sutra tergolong lebih mahal dibanding bahan lainnya. Hal ini disebabkan karena bahan sutra sangat lembut dan nyaman dipakai. Hijab dengan bahan sutra juga ringan dan tipis. Selain itu, hijab sutra juga terlihat sedikit mengkilap. Hanya saja, ada baiknya kamu perlu hati-hati saat mencuci karena hijab dengan bahan sutra gampang rusak jika tidak dirawat dengan baik. Lebih baik kamu mencucinya dengan tangan agar lebih aman.

source: http://www.dream.co.id/photo/ragam-scarf-sutra-bermotif-cantik-140623s.html


 

Bahan Kaos

Seperti yang telah diketahui pada umumnya, bahan kaos memiliki sifat yang agak tebal, lembut, dan juga nyaman dipakai. Hijab dengan bahan kaos juga mudah dibentuk dan tidak panas. Hanya saja, kekurangannya hampir sama dengan spandek, yaitu mudah melar. Selain itu, jika tidak dicuci dengan baik, bahan hijab kaos juga akan mudah berbulu. Untuk itu, jika kamu suka hijab dengan bahan kaos, maka ada baiknya pilih jenis kaos yang kualitasnya bagus dan mencucinya dengan manual yah. 
 

source: https://www.merahbirunews.com/berbagai-jenis-bahan-hijab-13251.html


 

baca juga

Bahan Sifon / Chiffon

Hijab dengan bahan sifon ini sering ditemui dengan berbagai macam model, mulai dari pashmina, segi empat hingga syar’i. Sifat dari bahan sifon yaitu ringan, tipis, dan mudah dibentuk menjadi apapun yang kamu inginkan. Nah, karena mudah dibentuk, maka hijab dengan bahan sifon ini juga sering digunakan oleh hijab influencer saat melakukan tutorial hijab.
 
Sayangnya, bahan sifon memiliki sedikit kekurangan yaitu agak panas dan juga gampang sobek jika tidak dicuci dengan baik. Sama seperti bahan-bahan hijab di atas, bahan sifon ini lebih baik dicuci dengan manual menggunakan tangan supaya tidak mudah rusak.

source: http://www.outfittrends.com/best-hijab-styles-for-short-girls-to-look-tall/


 

Bahan Katun

Sifat dari hijab dengan bahan katun yaitu tebal, tidak panas, dan nyaman dipakai sehingga cocok dipakai sehari-hari. Hijab dengan bahan katun cocok bagi kamu yang suka gaya hijab simple dan tidak ribet. Kekurangannya yaitu agak kaku dan sulit diatur sesuai keinginan. Meski begitu, ada juga jenis katun yang lembut dan mudah diatur. Kekurangan lainnya yaitu gampang kusut dan lecek. Meskipun bahan ini cukup kuat saat dicuci menggunakan mesin cuci, kamu boleh mencuci menggunakan tangan supaya bahan katun tidak mudah rusak.

source: http://hijabreeze.blogspot.co.id/2015/10/mengenal-jenis-jenis-kain-yang-cocok.html


 

Bahan Satin

Hijab dengan bahan satin memiliki ciri khas mengkilap dan ringan. Beberapa kurun waktu belakangan, hijab satin menjadi populer karena bisa menimbukan kesan mewah dan elegan. 

Sedikit kekurangannya yaitu agak licin sehingga sedikit sulit dibentuk sesuka hati seperti halnya bahan sifon atau spandek. Satin cocok dipakai dengan gaya simple sederhana yang mengaplikasikannya tidak terlalu banyak step. Sama seperti bahan lainnya, sebaiknya kamu mencuci bahan ini dengan menggunakan tangan supaya lebih awet.
source: http://sentralgrosirjilbab.com/blog/cantik-dan-glamour-berhijab-dengan-bahan-satin


 

Itu dia beberapa jenis bahan hijab yang perlu kamu ketahui karena sering ditemui di pasaran. Bagaimana Beutynesian? Tentunya sudah bisa membedakan bahan hijab yang akan kamu beli dan bagaimana cara perawatannya, kan? Basically, kamu perlu mencuci setiap kain hijab dengan hati-hati karena dikhawatirkan bahan hijab mudah rusak jika dicuci dengan mesin cuci. Semoga bermanfaat!