Kalau di artikel-artikel Beautynesia sebelumnya sudah banyak membahas tentang produk skincare apa saja yang digunakan oleh para jajaran model dan artis A-Listed di Hollywood, kali ini Beautynesia akan beralih ke kebiasaan-kebiasaan dan rutinitas apa saja yang sering mereka terapkan untuk merawat kulitnya agar selalu flawless tanpa celah sedikipun. Yes, we are going to talk about super model's lifestyle and beauty routine! Ini dia kebiasaan yang sering mereka lakukan berdasarkan report langsung dari Ildi Pekar, seorang pakar kecantikan yang berjasa di balik kulit mulus para model seperti Miranda Kerr, Lindsay Ellingson, dan Irina Shayk yang dilansir dari Popsugar. Yuk, simak!
 


Mereka Menggunakan Toner sebagai Pengganti Facial Wash di Pagi Hari


source: http://www.fmbuzz.com/should-you-be-using-toner/


As you might already know, mencuci wajah terlalu sering bisa menyebabkan kulit semakin berminyak. Bukannya membersihkan wajah, penggunaan facial wash yang berlebihan bisa mengikis minyak pada kulit sekaligus merusak kadar pH. Akibatnya, kulitmu akan memproduksi minyak lebih banyak lagi untuk menggantikan minyak alami kulit yang hilang sehingga wajahmu akan lebih berminyak.

Menurut Pekar, waktu yang direkomendasikan untuk membersihkan wajah hanyalah pada malam hari sebelum tidur. Pada pagi hari, sebaiknya bersihkan wajahmu menggunakan toner yang akan membersihkan wajahmu secara gentle sekaligus menyegarkan kulitmu.  Dan yang paling terpenting, cara ini sangat baik untuk mengembalikan kadar pH kulitmu ke keadaan normal sehingga kulitmu tidak akan terlalu kering ataupun berminyak lagi.  
 


Mereka Mengurangi Konsumsi Gula dan Menjaga Berat Badan Agar Tetap Stabil


source: http://www.wallpaperup.com/826612/CANDY_sweets_sugar_dessert_sweet_food.html


Kamu pasti bertanya-tanya apa hubungan antara gula, berat badan dengan kondisi kulit kan? For those who are wondering, ternyata konsumsi gula yang tinggi bisa memicu timbulnya jerawat dan mempercepat penuaan dini lho, seperti timbulnya garis halus dan kerutan. Pekar menjelaskan, semua permasalahan kulit ini bisa muncul karena proses alami tubuh yang disebut glucation, di mana gula yang terdapat pada aliran darah akan membentuk molekul yang menghancurkan kolagen dan elastin yang sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap kencang.  Karena itu, menekan konsumsi gula perharinya akan sangat membantumu untuk mencegah premature aging. 

Selain itu, menjaga berat badanmu agar tetap stabil juga sangat penting untuk kecantikan kulit. Kalau tubuhmu semakin menggemuk, otomatis kulitmu akan lebih tertarik sehingga chance untuk muncul stretch mark akan lebih besar. Jadi, para model sebisa mungkin menjaga asupan gula dan menjaga berat badan mereka agar terhindar dari semua permasalahan kulit ini. 
 


Mereka Selalu Rutin Pergi Ke Dokter Kulit


source: http://www.fourseasons.com/sanfrancisco/spa/facial_treatments/


Para model Hollywood sepertinya memegang teguh prinsip lebih baik mencegah daripada mengobati ya. Seperti yang disarankan Pekar, sebaiknya jangan menunggu hingga muncul masalah pada kulit terlebih dahulu, baru pergi menemui dokter. Lebih baik, selalu periksakan kondisi kulitmu ke dermatologis secara rutin dan melakukan perawatan facial minimal sebulan sekali untuk membersihkan kulit wajah dan merawatnya agar tetap sehat. 
 


Terkadang, Mereka Tidak Menggunakan Sunscreen


source: https://intothegloss.com/tags/sunscreen-2/


Yes, I know it sounds impossible, but this is the fact that you might not know. Walaupun sunscreen sangat penting untuk menjaga kulitmu dari sinar matahari, tapi menurut Pekar penggunaan sunscreen yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan kulit lho. "Kebanyakan orang tidak mengerti bagaimana sunscreen bisa menyumbat pori-pori, apalagi jika mereka tidak benar-benar membutuhkan perlindungan sunscreen", ungkap Pekar. Jika kamu lebih banyak menghabiskan waktumu berada di dalam ruangan atau hanya pergi keluar sebentar, lebih baik skip penggunaan sunscreen. 

Tidak hanya menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat, penggunaan sunscreen juga menghalangi vitamin D dari matahari untuk meresap ke kulit lho. Padahal, kekurangan vitamin D bisa menyebabkan beberapa permasalahan kesehatan serius seperti kanker dan asma. Jadi, sesekali bolos menggunakan sunscreen bisa sangat menyehatkan untuk kulit dan kesehatanmu. 
 


Mereka Selalu Menjaga Kulitnya Agar Tetap Lembap


source: http://stylecaster.com/beauty/sneaky-ways-to-drink-more-water/

 
Kalau kebiasaan satu ini sepertinya kamu sudah tahu ya urgensinya tentang menjaga kulit agar tetap lembap. Kulit yang terhidrasi dengan baik merupakan kunci dari kulit yang supple, cerah, dan juga bebas dari keriput dan fine lines. Karena itu, Pekar selalu mengingatkan kliennya agar selalu menjaga kulitnya agar tetap terhidrasi, baik dari dalam maupun luar. Minum air putih yang banyak dan mengonsumsi buah beserta sayuran merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menjaga kulit agar tetap lembap. 
 


Mereka Rajin Berolahraga


source: http://www.shape.com/topics/workout-videos


Lastly, para model cantik itu tidak pernah skip rutinitas berolahraga mereka untuk menjaga kulit mereka agar tetap cantik. Seperti yang kamu tahu, rutin berolahraga bisa melancarkan peredaran darah, which means segala nutrisi dan vitamin yang diperlukan kulit bisa terdistribusi secara sempurna. Hasilnya, kulit bisa terlihat lebih cerah dan sehat. So, don't skip your morning workout routine, Ladies!