Dibandingkan dengan kaum laki-laki, perempuan Jepang memiliki rasio harapan hidup yang cukup tinggi sekitar 87 tahun. Hal ini diduga karena pola diet wanita Jepang yang banyak mengonsumsi tanaman herbal, ikan, dan sayuran, yang mana merupakan sumber makanan yang sangat sehat. Menurut beberapa penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal The BMJ menyatakan, para wanita Jepang yang mengikuti pedoman diet resmi pemerintah Jepang, memiliki angka kematian 15 persen lebih rendah.

Lantas, bagaimana sebenarnya terapan pola diet tersebut?
 

Pedoman Diet Resmi Pemerintah Jepang
 

source: https://www.yahoo.com/beauty/japanese-diet-may-help-live-174200233.html?soc_src=social-sh&soc_trk=pi


Kementrian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang membagi pola makan tradisional Jepang dalam versi piramida makanan yang disebut "Japanese Food Guide Spinning Top".

Meski pola makan Jepang menekankan asupan tinggi ikan dan produk kedelai sebagai penggati lemak, tetapi umumnya diet tersebut terdiri dari kacang-kacangan, sayuran, ikan dan daging, serta susu dan buah. Selain itu, pedoman pola makan tersebut juga memasukkan makanan ringan, makanan manis dan minuman beralkohol yang dapat dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Dan yang paling penting, pedoman makan tersebut tidak hanya menekankan pola makan seimbang sebagai fondasi, tetapi juga aktivitas fisik serta minum air putih dan teh dalam jumlah banyak.
 

Tingkat Kematian 15 Persen Lebih Rendah
 

source: http://www.healthylivinghouse.com

Penelitian tentang pola makan orang Jepang tak henti-hentinya dilakukan oleh para peneliti yang ingin mendapatkan jawaban dari rahasia umur panjang mereka. Terutama pada rasio penyakit kanker dan penyakit kardiovaskular seperti stroke yang sangat rendah.

Studi ilmiah pun kerap kali dilakukan kepada kelompok masyarakat berusia 40-75 tahun dan pemantauan selama bertahun-tahun. Hasilnya, dengan menerapkan pola makan yang lebih mengonsumsi ikan dan sayuran (bahkan kalori dari karbohidrat), ketimbang daging merah seperti sapi dan babi, orang Jepang, terutama para perempuan Jepang, terhindar dari risiko penyakit yang menyebabkan kematian 15 persen lebih rendah.
 

Meniru kebiasaan orang Jepang tentunya lebih dari sekedar mengonsumsi makanan Jepang secara rutin ya, Beautynesia. Tetapi, tidak ada salahnya mencoba menerapkan pola makan sehat ala Jepang dengan menambahkan banyak ikan dan sayuran dan memperbanyak gerak tubuh mulai dari sekarang kan?