1. Mencari Referensi untuk Menentukan Lokasi

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk berhemat saat akan melakukan wisata kuliner adalah mencari referensi dan menentukan lokasi. Kamu bisa mengumpulkan informasi melalui  majalah, surat kabar, dan internet seperti blog, forum, grup, situs atau media sosial lainnya seperti Facebook dan Instagram. Jika kamu sudah menentukan satu tempat, maka cari review mengenai tempat tersebut. Hal ini dapat memberikan kemudahan bagi kamu mendapatkan tempat wisata kuliner yang hemat, sehat dan menunya sesuai yang kamu inginkan. 
 

source: http://berita.suaramerdeka.com/mau-makan-di-semarang-buka-gratis-majalah-kuliner-semarang/


 

2. Menyesuaikan dengan Budget

Langkah berikut yang perlu kamu lakukan adalah menyesuaikannya dengan budget yang kamu punya. Hal ini akan mudah kamu lakukan setelah kamu menentukan lokasi dan mencari referensi/review. Ketika kamu mencari review tentang tempat tersebut, kamu juga bisa melihat daftar menu sekaligus harga dan penilaian pengunjung sebelumnya. Satu hal lagi, jika letak tempat kuliner berjauhan, kamu bisa mencari cara untuk menghemat biaya perjalanan. Kamu juga bisa mencari informasi tentang event pameran kuliner yang menyediakan makanan khas suatu daerah dengan harga murah atau bisa mencicipinya secara gratis. 
 

source: http://dofirwongbiasa.blogspot.co.id/2015_02_01_archive.html


 

<baca juga>

3. Pilih Set Menu/Paket

Tips berhemat berikutnya adalah memilih tempat kuliner yang menyediakan set menu/paket. Hal ini akan sangat menguntungkan dan menghemat jika kamu berwisata kuliner dengan beberapa orang teman. Dengan pilihan set menu, kamu dapat membeli beberapa makanan sekaligus dengan harga yang lebih murah dibandingkan jika membeli dengan menu satuan/terpisah. 
 

source: http://pattayatoday.net/life-leisure/leisure/the-cascade-restaurant-thai-set-menus-for-lunch-dinner/


 

4. Cari Promo/Beli Kupon

Hal yang tidak kalah penting dalam tips hemat kuliner adalah aktiflah dalam mencari promo atau membeli kupon. Jika kamu pemegang kartu kredit tertentu biasanya mereka mengadakan promo potongan harga untuk restoran tertentu. Selain itu, perhatikan juga jika ada grand opening restoran baru yang biasanya memberikan promo bagi pengunjungnya. Hal menarik lainnya adalah dengan membeli kupon/ voucher di beberapa situs yang bisa memberikan potongan sampai 70%. Beberapa website penyedia kupon yang bisa kamu kunjungi seperti Lakupon, GroupOn dan Living Social banyak memberikan diskon juga lho.
 

source: http://thenextweb.com/insider/2013/07/01/groupon-reserve-is-a-premium-restaurant-booking-service-for-discounts-without-pre-payment-or-vouchers/