Bahan

Mungkin agak susah untuk dicari, namun bahan-bahan berikut sangatlah sederhana dan dijamin 100% alami yaitu:

Bahan-bahan ini akan memberikan tekstur yang sangat lembut dan licin yang sangat moisturizing dan protective. Dapat juga ditambahkan bahan-bahan lain yang tetap aman untuk kulit seperti essentials oil atau daun peppermint. Ini akan memberikan aroma yang lebih rileks di bibir. Namun, jangan terlalu banyak karena akan membuat teksturnya lebih berminyak dan cair.
 

source: http://library.rusticescentuals.com/learn-to-formulate-a-recipe-for-lip-balm/



 

Kegunaan

Coconut oil memiliki rasa yang gurih sehingga jika termakan, lip balm tidak akan terasa aneh di lidah. Kandungan di dalamnya dapat memperbaiki bibir kering mengelupas dan juga pecah-pecah. Asam lemak di dalamnya akan berkerja sebagai pelindung yang mengunci kelembapan bibir.

Beeswax bersifat anti-inflamasi, antibakterial dan antioksidan sehingga lecet pada bibir juga dapat disembuhkan dengan bahan ini. Beeswax dapat menenangkan permukaan bibir yang terlalu kering dan dehidrasi. Bibir akan terasa ringan dan penuh sepanjang hari. Selain itu, beeswax juga dapat melindungi bibir dari sinar UV.

Shea butter menjamin kualitas lip balm untuk tetap dapat membuat bibir lembap sepanjang hari tanpa takut bibir kering. Setelah makan pun, bibir akan terasa berat dan tidak nyaman. Shea butter akan membantu menyegarkan kembali bibir seperti sedia kala.
 
source: http://www.prevention.com/beauty/irritating-lip-balm-ingredients



 

baca juga

Pewarna

Tentu kalian dapat membuat lip balm yang transparan. Tapi kamu bisa juga menambahkan bahan pewarna agar lip balm nantinya dapat memberikan sheer color. Selalu gunakan bahan pewarna alami seperti berikut:


 
source: http://thethingswellmake.com/recipe/how-to-make-beetroot-powder/



 

Langkah-langkah

  1. Lelehkan beeswax, shea butter/cocoa butter dan coconut oil dalam mangkuk kaca dengan cara membiarkan mangkuknya mengambang di atas air yang sedang dipanaskan.
  2. Ketika meleleh, segera angkat sebelum formulanya mendidih dan tambahkan pewarna serta tambahan lainnya. 
  3. Pastikan semuanya tercampur dengan rata. Tuangkan pada sebuah wadah lip balm dan diamkan hingga mengeras selama sekitar setengah jam.

 
source: https://www.brit.co/homemade-lip-balm-recipes/


Mudah bukan? Pastikan lip balm yang kamu buat tetap menggunakan bahan-bahan alami untuk bibir lembut dan sehat setiap saat ya, ladies!