Pada artikel sebelumnya, Beautynesia telah membahas tentang tanda-tanda kulit yang terserang rosacea dan berbagai possible causes dari rosacea. Rosacea sendiri adalah sejenis permasalahan kulit di mana muncul bintik-bintik dan warna kemerahan pada wajah yang biasanya disertai dengan timbulnya bruntusan kecil. Kalau kamu sering mengalami masalah kulit ini, kamu sebaiknya berhati-hati dan mulai pay attention yang lebih agar kondisi kulitmu tidak semakin memburuk. Before it is getting any worse, yuk ketahui cara merawat rosacea ini secara alami!
 


Fish Oil dan Vitamin E


source: http://www.nutraingredients-usa.com/Research/Annatto-Tocotrienols-are-more-potent-vitamin-E-antioxidant-for-fish-oil-says-study


Minyak ikan kaya akan anti-inflamasi properties dan omega 3 yang sangat helpful untuk meredakan iritasi yang disebabkan oleh rosacea. Lalu vitamin E juga sangat baik untuk menghilangkan warna kemerahan pada wajah dan juga memperbaiki tekstur kulit yang terluka akibat rosacea. 
 


Lavender Oil


source: http://www.greenmedinfo.com/blog/inhaling-lavender-oil-eases-menstrual-pain


Minyak yang terkandung di dalam bunga lavender ternyata kaya akan antiseptik dan juga anti-inflamasi sehingga sangat baik untuk mengatasi masalah rosacea dan menenangkan kulit yang iritasi. Untuk menggunakannya, celupkan kapas ke dalam lavender oil dan oleskan ke area kulit yang terserang rosacea. Diamkan selama 30-40 menit dan bilas menggunakan air. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari agar keadaan kulitmu bisa kembali normal.
 


Masker Apel


source: https://woolworthsbabyandtoddlerclub.com.au/recipe/apple-puree/


Masker apel yang kaya akan kandungan vitamin A pastinya sangat baik untuk merawat rosacea karena mampu memperbaiki lapisan kulit yang rusak dan membantu mempercepat regenerasi sel kulit. Selain itu, apel juga dapat mengurangi intensitas munculnya rosacea di kulit wajah. 

Cara menggunakannya:

  • Kupas buah apel dan hilangkan kulitnya.
  • Haluskan menggunakan blender hingga halus.
  • Aplikasikan masker apel pada wajah dan diamkan selama 20 menit.
  • Bilas menggunakan air dingin.


Aloe Vera


source: http://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-aloe-vera-for-skin-hair-and-health/#gref


Dibandingkan bahan alami lainnya, lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang terbaik untuk merawat keadaan kulitmu yang terserang rosacea. Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung banyak zat yang diperlukan oleh penderita rosacea seperti anti-inflamasi, anti bakteri, dan juga memberikan efek menyegarkan pada kulit. 

Cara menggunakannya:

  • Oleskan gel lidah buaya langsung pada kulit yang terserang rosacea.
  • Diamkan gel ini semalaman dan bilas keesokan paginya. 
  • Atau, kamu bisa mengaplikasikannya sebanyak tiga kali sehari seperti halnya cleanser.

Oatmeal
source: http://donteversaynever.com/2016/06/can-oatmeal-prevent-heart-disease/


Kalau bahan alami yang satu ini paling sering digunakan untuk merawat kondisi kulit rosacea. Oatmeal mengandung vitamin dan mineral yang mampu meredakan kulit yang iritasi sekaligus melembapkannya dari dalam. Plus, di dalam oatmeal juga terkandung anti-inflammatory properties yang berperan sebagai pelindung lapisan kulit.

Cara menggunakannya:

  • Campurkan 2 sdm oatmeal oil dan 125 ml air.
  • Aplikasikan pada kulit yang terluka selagi memijatkannya secara lembut.
  • Lakukan perawatan ini setiap hari hingga kondisi kulitmu membaik.


Green Tea


source: http://www.lifehack.org/389778/is-drinking-green-tea-an-effective-way-for-weight-loss


Teh hijau juga merupakan bahan alami yang baik untuk merawat rosacea karena mengandung antioksidan yang tinggi dan juga anticarcinogenic. 

Cara menggunakannya:

  • Rebus beberapa lembar daun teh hijau.
  • Tuangkan di dalam botol dan simpan di dalam kulkas.
  • Aplikasikan cairan teh hijau ini menggunakan kapas pada area kulit yang terserang rosacea.
  • Diamkan selama 20 menit dan bilas menggunakan air dingin.