1. Vietnam

Pelajar di Vietnam begitu tampak berbeda dengan seragam putihnya yang unik. Bentuk seragmanya tidak jauh berbeda dengan pakaian tradisional Vietnam, yaitu Ao Dai. Untuk seragam sekolah di Vietnam memang diharuskan berwarna putih, sedangkan untuk acara kebudayaan biasanya Ao Dai ini bisa berwarna-warni. Ao Dai sendiri adalah pakaian yang melambangkan kecantikan wanita di Vietnam. Atasannya hampir sepanjang mata kaki dengan belahan panjang di kedua sisinya dan memakainya dipadukan dengan celana panjang. Meskipun seragamnya tertutup, mereka masih tampak cantik bukan dengan seragam sekolah? 
 

source: http://blog.udn.com/KTan123/15621855


 

2. Laos

Laos memiliki kain tradisional yang khas bernama Sinh. Motif kain ini hampir sama dengan kain songket di Indonesia. Hampir semua perempuan di Laos memakai Sinh untuk ke acara resmi, berjalan-jalan, bekerja atau bahkan ke sekolah. Sinh  dirubah menjadi rok yang dapat digunakan sebagai seragam sekolah. Warnanya juga disesuaikan dengan jenjang sekolah (SD, SMP atau SMA). Pemandangan seperti ini justru menjadi daya tarik bagi para turis karena mereka juga bisa langsung mengetahui bahwa kain tersebut adalah kain tradisional asli Laos. Bahkan tidak jarang mereka juga tertarik untuk menggunakannya selama berada di sana. Untuk harganya, kain ini juga tidak terlalu mahal, kamu cukup menyiapkan uang sekitar 150.000 kip atau setara dengan Rp150.000.
 

source: http://www.pidipedia.com/mengintip-seragam-sekolah-menengah-di-negara-negara-asean.html


 

baca juga

3. Bhutan

Bhutan merupakan sebuah negara kecil yang terletak di Asia Selatan, di daerah pegunungan Himalaya. Di Bhutan, para pelajar juga menggunakan pakaian tradisional sebagai seragam sekolah mereka. Untuk yang pria, mereka menggunakan gho, yaitu berupa atasan sepanjang lutut yang diikatkan dengan sabuk di pinggang mereka. Sedangkan, para perempuan menggunakan kira yang modelnya kurang lebih sama dengan gho hanya saja atasannya mencapai pergelangan kaki yang dipadukan dengan luaran lengan panjang bernama toego. Kesan sederhana, indah dan sangat tradisional terpancar dari seragam sekolah pelajar Bhutan ini.
 

source: http://www.pemagatshelmss.edu.bt/about-us/


 

4. Jepang

Jika membahas seragam sekolah, pelajar Jepang memang memiliki sejarah yang cukup panjang. Seragam sekolah di Jepang atau biasa disebut seifuku mulai digunakan pada masa Meiji yang pada awalnya hanya berupa kombinasi kimono formal, kemeja dan hakama. Setelah budaya barat masuk, digunakan seragam dengan jas gakuran dan celana panjang hitam/biru tua yang terinspirasi dari seragam militer. Pada tahun 1921 mulailah dipakai seragam dengan model sailor (pelaut).

Kemudian, ciri khas lain dari seragam mereka adalah pemakaian dasi yang berwarna merah atau warna lain yang terang kemudian bisa dikombinasikan dengan blazer hitam. Seragam yang sering kamu lihat mungkin ada dua jenis, pertama seragam sekolah dengan menggunakan blazer dan rok mini yang panjangnya di atas lutut. Kedua, seragam sailor yang memiliki model pakaian seperti pelaut yang banyak digunakan tokoh-tokoh anime atau manga Jepang dengan rok yang panjangnya di atas lutut dan dipadukan dengan kaos kaki yang panjangnya hampir selutut.

Selain itu, seragam di Jepang juga disesuaikan dengan musim. Misalnya untuk musim panas, seragam yang digunakan berlengan pendek, rok pendek, dan berbahan lebih tipis. Sedangkan untuk musim dingin, seragam yang digunakan dengan lengan panjang serta blazer supaya tetap hangat. Melihat pelajar di Jepang dengan seragam mereka tentu menimbulkan kesan seksi, menarik, imut sekaligus lucu.
 

source: http://jiproject.blogspot.co.id/2013/02/sejarah-seifuku.html


 

baca juga

5. Inggris

Selanjutnya, ada bentuk seragam dari pusat dari kiblat seragam di dunia yaitu negara Inggris. Seragam bagi pelajar di Inggris muncul pertama kali pada abad ke-16 sebagai seragam sekolah untuk kelas bawah/anak-anak miskin. Pada akhirnya, sekitar abad ke-19 pemakaian seragam yang menunjukkan sebuah keteraturan, ketepatan dan kedisplinan ini mulai dipakai secara luas di sekolah swasta dan negeri di Inggris. Beberapa negara kolonial Inggris atau yang terpengaruh budaya Inggris juga mulai mengadaptasi seragam sekoah tersebut. Pada umumnya seragam sekolah di Inggris terdiri dari blazer dengan lambang sekolah, kemeja putih, dasi, dan rok lipit atau celana panjang yang berwarna gelap. 
 

source: http://menujuhijau.blogspot.co.id/2011/02/seragam-sekolah-dari-berbagai-negara-di.html