Apasih yang Menyebabkan Strawberry Legs?

Sebelum cari tahu lebih jauh tentang cara pengobatannya, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa saja yang menyebabkan strawberry legs ini muncul. Sebenarnya, strawberry legs ini di dalam dunia medis dikenal sebagai "open comedone" atau pori--pori kulit yang terbuka dan lama-lama menjadi menghitam. Kalau ditelusuri, ada banyak faktor yang menyebabkan pori-pori ini menghitam seperti bulu kaki yang baru ingin tumbuh (ingrown hairs), debu dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Pori-pori yang tersumbat ini nantinya akan bercampur dengan minyak dan terkena angin yang membuat kotorannya teroksidasi dan menghitam. As a result, pori-porimu yang menghitam itu akan terlihat seperti bintik-bintik kecil sehingga disebut sebagai strawberry legs. 
 
source: https://www.thehunt.com/the-hunt/qJuJKc-strawberry-legs---


Walaupun masalah strawberry legs ini bukan tergolong ke dalam kategori skin problem yang serius, tapi tetap saja kemunculannya pasti akan sangat mengganggu kamu yang ingin tampil on point dengan dress atau celana pendek. Belum lagi, strawberry legs akan lebih terlihat noticeable pada wanita yang memiliki kulit gelap seperti sawo matang. So, you'd better watch this out. 
 


Shaving Juga Bisa Menyebabkan Strawberry Legs


Selain faktor tersumbatnya pori-pori kulit oleh kotoran, ternyata shaving yang tidak dilakukan secara bersih juga bisa menyebabkan stawberry legs lho. Bahkan, poor shaving tercatat sebagai salah satu penyebab utama permasalahan kulit ini. Hal ini bisa terjadi ketika kamu mencukur bulu kakimu secara asal dengan razor yang tumpul sehingga tidak benar-benar mencabut folikel bulu kakimu dengan bersih. Folikel rambut yang "nanggung" ini kemudian akan bercampur dengan sebum dan teroksidasi sehingga menimbulkan warna hitam pada pori-pori kulit. Jadi, pastikan untuk mencukur kakimu secara benar ya, Beautynesian!
 
source: http://www.instyle.com/news/leg-shaving


 

baca juga


Cara Menghilangkan Strawberry Legs Secara Alami

(1) Mengeksfoliasi Pori-Pori Kulit Kaki


Perawatan eksfoliasi bisa membantu mengikis sel-sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulitmu sehingga bisa menghilangkan masalah strawberry legs. Kamu bisa menggunakan chemical exfoliator yang mengandung glycolic acid, salicylic acid, atau lactic acid untuk mengeksfoliasi kulit kakimu. Atau kamu bisa mencoba membuat DIY scrub versimu sendiri di rumah dengan menggunakan baking soda ataupun brown sugar. 
 
source: http://laurenkelp.com/tag/body-scrub/


Cara membuatnya:

  • Campurkan 2 sdm brown sugar, 2 sdm aloe vera gel, dan 1 sdt perasan jeruk lemon.
  • Aduk rata campuran tersebut hingga teksturnya menjadi seperti pasta.
  • Aplikasikan scrub pada kaki yang basah dan gosokkan dengan gerakan memutar menggunakan handuk agar kotoran yang menyumbat pori-pori bisa terangkat dengan baik. 
  • Bilas menggunakan air hangat dan basuh kembali kakimu dengan air dingin agar pori-pori kulitmu tertutup kembali. 
  • Kamu bisa juga memijat-mijatkan kakimu menggunakan coconut oil setelah ritual scrub ini untuk melembapkan kulit kakimu. 


(2) Gunakan Air Ketimun


Buat kamu yang belum tahu, air ketimun telah terbukti mampu menghilangkan noda-noda hitam yang ada pada kulit lho, termasuk strawberry legs. Dan yang paling terpenting, cara alami ini tentunya aman untuk kulitmu karena sangat gentle untuk segala jenis kulit. 
 

source: http://purvite7.bg/avokado-za-bebeta-4-6-mesetsa/


Cara membuatnya: 

  • Kupas ketimun dan haluskan isinya hingga menjadi pasta yang lembut.
  • Aplikasikan pasta ini pada area kakimu yang terdapat strawberry legs dua kali sehari pada pagi dan malam hari dan diamkan selama 30 menit.
baca juga


(3) Gunakan Putih Telur



Putih telur juga dipercaya bagus untuk mencerahkan dark spot pada kulit dan mampu merapatkan pori-pori kulit yang besar. Untuk menggunakan putih telur ini, kamu cukup mengocok 1 butir putih telur dan aplikasikan pada area kaki yang terinfeksi strawberry legs. Diamkan masker ini selama 5 menit hingga meresap dan mengering, dan baru bilas menggunakan air dingin agar pori-porimu tertutup kembali. 

source: http://www.newhealthadvisor.com/Are-Egg-Whites-Good-For-You.html


 


(4) Gunakan Tea Tree Oil


Selain bahan-bahan alami di atas, tea tree oil juga sangat baik untuk merawat strawberry legs lho dengan kandungan antibacterial properties yang ada di dalamnya. Untuk menjadikan tea tree oil sebagai treatment, kamu cukup mengoleskan campuran 2-3 tetes tea tree oil dengan 2 sdm olive oil pada kakimu dan pijat secara lembut. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil kaki mulus yang cepat. 
 

source: http://www.motherearthliving.com/healthy-home/green-living/uses-for-tea-tree-oil-zmhz14jazpit