Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah salah satu jenis perawatan kulit untuk mengembalikan bekas jerawat berlubang yang tidak terlalu dalam. Prinsip dari perawatan ini adalah meng- 'amplas' permukaan kulit dengan alat yang memiliki ujung butiran berlian. Sehingga, permukaan kulit mati akan terangkat dari kulit wajah kita dan membuatnya tampak lebih cerah.

Selain itu, perawatan ini akan memicu kulit untuk membentuk kolagen sehingga bekas jerawat yang berlubang dapat menutup. Sayangnya, mikrodermabrasi tidak dapat langsung menutup dengan sekali perawatan. 

 

source: http://www.naturayu.com/2014/11/paras-ayu-microdermabrasi-diamond.html


Kelebihan perawatan mikrodermabrasi adalah :

  1. Biaya perawatan relatif murah, berkisar 150-250 ribu rupiah untuk sekali perawatan.
  2. Tidak menimbulkan bekas luka atau kemerahan berlebih pada wajah.
  3. Kulit terlihat lebih cerah setelah sekali perawatan.
  4. Tidak terasa sakit saat tindakan mikrodermabrasi dilakukan.
  5. Cocok untuk bekas jerawat tipe rolling.

Dermabrasi atau Micro Needling

Dermabrasi atau micro needling adalah salah satu jenis perawatan kulit untuk menghilangkan bekas jerawat yang berlubang. Prinsip perawatan ini adalah dengan 'melukai' kulit wajah menggunakan jarum berukuran micro, untuk membuatnya mengeluarkan darah dan merangsang pembentukan kolagen pada permukaan kulit. Sehingga, bekas jerawat yang berlubang dapat tertutup oleh terbentuknya jaringan baru.

Perawatan ini sudah banyak dilakukan dilakukan diberbagai klinik kecantikan di seluruh dunia. Sayangnya, kamu akan merasakan efek samping seperti perih, nyeri dan kemerahan. Meskipun telah dianestesi, terkadang rasa perih saat proses 'rolling' wajah dengan jarum masih terasa.

 

source: http://laco.com.my/clinical-services/face-care/dermaroller/


Kelebihan perawatan ini adalah :

  1. Biaya perawatan masih dapat di jangkau berkisar 300-500 ribu untuk sekali perawatan.
  2. Hasil optimal karena kulit yang terluka akan merangsang pembentukan kolagen baru
  3. Cocok untuk bekas jerawat tipe rolling dan boxcar.
baca juga

Cross TCA

Metode Cross TCA menggunakan cairan kimia Trichloro Acid untuk menutup bekas jerawat yang berlubang tersebut. Cara kerjanya adalah dengan meneteskan TCA konsentrasi tinggi ke bekas jerawat yang berlubang cukup dalam, sehingga kulit akan meradang dan membentuk jaringan baru untuk menutup bekas luka tersebut.

Perawatan ini cukup mudah dilakukan dan tidak memakan waktu yang lama, hasil dapat terlihat setelah 1 minggu perawatan karena setelah perawatan akan menimbulkan berkas menghitang di kulit yang akan luruh setelah 1 minggu. Tetapi, kamu tidak dapat beraktivitas bebas setelah perawatan, karena bekas cross TCA akan menghitam di wajah. Kamu pun tak boleh kontak langsung dengan sinar matahari.

 

source: http://www.slideshare.net/OsamaMoawad/the-art-of-non-surgical-skin-rejuvenation-multiple-approaches


Kelebihan perawatan Cross TCA adalah :

  1. Biaya cukup terjangkau hanya berkisar 200-500 ribu untuk sekali perawatan
  2. Hasil dapat langsung terlihat setelah 1 minggu perawatan
  3. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk perawatan
  4. Sangat cocok untuk bekas jerawat tipe ice pick yang cukup dalam.

EMatrix

EMatrix adalah salah satu jenis perawatan peremajaan kulit yang juga memberikan hasil menakjubkan untuk menangani masalah bekas jerawat. Perawatan ini menggunakan radiofrekuensi tinggi untuk merangsang regenerasi sel dari dalam dan meningkatkan produksi kolagen tanpa menimbulkan luka pada permukaan kulit.

Waktu untuk melakukan perawatan ini pun singkat, hanya berkisar 30-40 menit tergantung keparahan dari bekas jerawat yang dimiliki. Perawatan ini cocok untuk digunakan untuk semua jenis kulit. Sayangnya, perawatan ini masih cukup mahal yaitu berkisar 500-750 ribu untuk sekali perawatan. Tetapi hal itu masih bisa sepadan dengan hasil yang didapatkan.

source: http://foreveryoungsc.com/faq/



 

baca juga

Laser CO2

Laser CO2 dikhususkan untuk mengatasi masalah bekas jerawat atau bekas luka yang sangat terlihat seperti noda hitam dan berlubang. Laser akan ditembakkan ke bagian wajah yang memiliki bekas jerawat sehingga bagian terlebut akan merangsang produksi kolagen kulit dan menutup bekas jerawat atau bekas luka yang ada. Cocok untuk digunakan berbagai bentuk dan jenis bekas jerawat dan luka.

Terapi laser adalah jenis perawatan yang paling favorit karena tidak sakit dan hasilnya dapat dilihat dengan cepat. Sayangnya, untuk melakukan terapi ini membutuhkan biaya yang cukup mahal berkisar 500 ribu - 1 Juta untuk sekali perawatan.

 

source: http://www.duniainformasikesehatan.com/2014/10/plus-dan-minus-cara-menghilangkan-bekas.html

Kamu dapat memilih perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat sesuai dengan kebutuhan kulit dan kondisi keuangan kamu. Namun perlu kamu ingat bahwa terapi perawatan bekas jerawat hanya bersifat untuk meringankan dan tidak dapat mengembalikan kondisi kulit seperti sedia kala. Pilihlah perawatan dengan bijak sesuai kebutuhan kulitmu ya, Beautynesian!