1. Pilih Buah yang Cocok untuk Kulit

Sama halnya dengan menggunakan produk kecantikan, buah atau sayuran yang kamu pilih tetap harus menyesuaikan dengan kondisi kulit. Untuk kulit berjerawat misalnya, kamu bisa menggunakan jeruk lemon, bawang putih, putih telur dan juga madu. Sesuaikan juga bahan alami yang dipilih dengan kebutuhan kulitmu. Misalnya, untuk perawatan pada kulit kusam, kamu mengandalkan manfaat dari pisang, labu, alpukat ataupun tomat. 
 

source: http://www.stylecraze.com/articles/face-packs-using-fuzzy-berry-kiwi-fruit/#gref



 

2. Pilih Bahan yang Berkualitas

Meskipun menggunakan buah atau sayuran, kamu harus tetap memilih bahan yang berkulitas. Pilih yang masih segar dan memiliki permukaan yang mulus atau tidak busuk dan memiliki kualitas yang lebih bagus. Jangan lupa juga untuk mencuci buah sebelum dipakai. Terutama jika kamu akan menggunakan telur dan susu untuk perawatan kecantikanmu. Sebaiknya perhatikan juga kebersihannya. Sebab, kedua bahan tersebut sangat mudah terkontaminasi bakteri.
 

source: http://keeppy.com/keeppies/4e4f58e05042fca7



 

baca juga

3. Langsung Dipakai

Membuat produk kecantikan sendiri memang membuat kita mampu mengontrol bahan apa saja aman untuk kulit. Sayangnya, bahan alami tidak tahan lama. Berbeda dengan produk kecantikan buatan pabrik yang telah terkandung bahan pengawet sehingga tahan lama. Solusinya, bila kamu membuat masker wajah dari buah atau sayuran sebaiknya langsung digunakan. Buat masker alami secukupnya saja agar bisa digunakan sekali pakai tanpa harus disimpan.
 

source: https://greenblender.com/smoothies/3291/diy-hair-masks



 

4. Potensi Alergi

Bahan alami juga memiliki potensi membuat kulit alergi. Seperti misalnya, telur, lidah buaya dan nanas. Bahan-bahan tersebut juga bisa menimbulkan masalah bila tidak cocok. Untuk itu sebelum menggunakan sebaiknya lakukan tes terlebih dahulu. Caranya, oleskan pada bagian kulit terlebih dahulu. Kemudian tunggu beberapa menit. Bila tidak menimbulkan reaksi seperti gatal-gatal, merah atau ruam, berarti bahan alami tersebut aman digunakan. 
 

source: http://tipsperawatancantik.com/kata-kunci/cara-mengatasi-alergi-kosmetik-pada-wajah/


 
baca juga

5. Penyimpanan

Saat ini sudah banyak resep DIY membuat facial wash, masker dan face oil yang mudah di dapatkan melalui Youtube ataupun Instagram. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan tempat penyimpanan yang akan kamu gunakan. Pastikan tempatnya sudah dibersihkan atau disterilkan terlebih dahulu kemudian simpan di tempat yang aman. 
 

source: http://www.polyvore.com/threshold_oilcan_soap_dispenser/thing?id=99906012



 

Intinya, boleh saja kok menggunakan bahan alami untuk merawat kecantikan kulit. Asal, kamu juga harus memperhatikan kualitas bahan, kebersihan sekaligus tempat penyimpanan yang tepat. Perlu diketahui juga, produk kecantikan buatan sendiri juga memiliki masa simpan namun tidak lama.