source: http://www.huffingtonpost.com/jaimee-ratliff/first-time-traveling-solo_b_6416100.html


 

1. Stay di hostel

Ketimbang memilih menginap di hotel, cobalah untuk menginap di dalam hostel. Ya, memangnya siapa sih yang akan menghabiskan waktu di dalam hotel saja saat sudah punya niat eksplor dunia luar? Biaya hostel pun sudah pasti lebih murah dan banyak pilihan. Atau, kamu bisa juga menggunakan fasilitas Airbnb untuk mendapatkan sewa hotel murah, bahkan sharing tempat dengan traveler lainnya.  Tetap menyenangkan kok, karena kamu bisa punya banyak kesempatan untuk bertemu para traveler lainnya.

 

baca juga

2. Cari kesempatan kerja di luar negeri

Barangkali kerja di luar negeri bukan opsi yang menyenangkan untuk kamu yang benar-benar berniat untuk traveling. Tapi setidaknya, hal tersebut dapat memberimu kesempatan untuk mengekplor dunia luar sambil menghasilkan pundi-pundi uang. Tentu saja dengan uang hasil kerjamu, kamu bisa memikirkan itinerary untuk berpergian kembali. Make sure kamu mendapatkan visa pekerjaan di tempat yang benar-benar ingin kamu kunjungi ya.

 

3. Cari beasiswa keluar negeri

Mumpung masih muda dan masih ingin banyak belajar, tak ada salahnya untuk mencari beasiswa di luar negeri. Banyak kok lembaga organisasi pendidikan maupun dari pemerintah yang menawarkan program beasiswa bagi pelajar muda. Of course, mendapat beasiswa tak hanya memperluas wawasan dan bertemu banyak hal seru saat mengunjungi satu negara, tapi juga membuat CV-mu makin bagus.

 

baca juga

4. Manfaatkan diskon pelajar

Selama masih berstatus sebagai mahasiswa dan berumur di bawah 25 tahun, kamu masih dapat menikmati diskon pelajar dari kebijakan negara yang kamu tuju, atau melalui situs StudentUniverse yang menyediakan diskon untuk pelanggannya yang masih pelajar di berbagai negara kok. Jangan lupa untuk mencari informasi terkait diskon transportasi publik khusus pelajar di negara yang kamu tuju.

 

5. Program internship kerja atau exchange ke luar negeri 

Last but not least, tak ada salahnya untuk mencari program internship atau exchange short term ke luar negeri yang ditawarkan di kampus maupun lembaga organisasi kepemudaan lainnya. Selain dapat menambah teman baru dan pengalaman baru, kamu juga bisa mendapatkan ilmu dan perspektif baru dari negara yang kamu kunjungi. Tentunya, travel expenses juga akan ditanggung pihak penyelenggara.  Asyik kan?
 

source: https://i2.wp.com
Single and Mingle!