Menggunakan Softlens Terlalu Lama
 

source: http://www.rosannadavisonnutrition.com/bright-and-beautiful-eyes/


Ketika schedule harianmu sedang padat-padatnya, kamu pasti akan lupa untuk melepas softlens yang sedang kamu gunakan. Padahal, hal ini sangat buruk lho untuk kornea matamu karena mata juga membutuhkan oksigen untuk bernapas. Mata yang seharian kamu bungkus dengan softlens ini akan menyebabkan area di sekitar mata lebih hangat dan lembap, sehingga mikroorganisme seperti jamur dan bakteri akan lebih mudah berkembang biak. Karena itu, sangat diwajibkan bagi kamu para pengguna softlens untuk melepasnya di malam hari sebelum tidur. 
 


Tidur Menggunakan Soflens
 

source: https://www.youtube.com/watch?v=4D8ezH0iXh8


As what has been mentioned before, menggunakan softlens terlalu lama bisa merusak kornea mata. Bakteri dan jamur yang berkembang di kornea mata lama-kelamaan akan melukai lapisan kornea matamu. Selain itu, tidur dengan masih menggunakan softlens juga bisa menyebabkan luka pada kornea, bahkan softlensmu bisa saja "tertelan" dan hilang di mata sehingga menyebabkan infeksi mata berupa cornea ulcer. Infeksi ini lah yang menjadi penyebab paling besar kebutaan mata yang disebabkan oleh penggunakan softlens. Jadi, jangan sampai kamu lupa untuk melepas softlensmu sebelum tidur ya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
 

<baca juga>


Tidak Menjaga Kebersihan Softlens
 

source: http://www.webmd.com/eye-health/ss/slideshow-contact-lens-tips


Sekarang coba tanya ke dirimu sendiri, apakah kamu sudah merawat softlensmu dengan benar? Yang dimaksud di sini adalah apakah kamu sudah benar-benar mengikuti instruksi cara perawatan dan juga penyimpanan softlens yang tertera pada kotak kemasannya? Nah sayangnya, banyak pengguna softlens tidak terlalu menggubris hal ini, padahal cara menyimpan softlens sangat penting untuk merawat kebersihannya. Lalu tidak hanya mengganti air softlens di dalamnya, kamu juga harus membersihkan tempat penyimpanannya secara rutin lho agar tidak ada bakteri yang bersarang di softlensmu.
 


Sharing Softlens dengan Teman
 

source: http://favim.com/image/415570/


Kamu pasti tidak mau kan bertukar bakteri mata dengan temanmu? Karena itu, jangan mengambil risiko dengan iseng-iseng mencoba softlens punya teman ya. Bisa saja softlens milik temanmu itu mengandung banyak bakteri dan juga virus yang bisa menyebabkan mata menjadi iritasi dan merah. Selain mencoba softlens punya teman, hindari juga mencoba sample softlens yang ada di optik-optik ya because you wouldn't know how many bacteries collected in there. Just stay safe, Beautynesian.
 

<baca juga>


Mandi atau Berenang dengan Softlens
 

source: http://www.improveeyesighthq.com/contact-lens-wearer.html


Melepas sotflens saat mandi ataupun berenang itu wajib hukumnya karena air juga merupakan salah satu media penyebar bakteri. So, kamu harus selalu ingat untuk melepas softlensmu sebelum masuk ke dalam air ya kalau kamu tidak ingin bakteri tersebut menempel pada softlensmu dan bersarang di sana. 
 


Mencuci Softlens dengan Sembarang Air
 

source: https://www.youtube.com/watch?v=vPwvKmYzKCk


Pernah kehabisan contact lens solution dan menggantinya dengan sembarang produk tetes mata? Duh kamu harus segera menghentikan kebiasaan burukmu itu! Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, air merupakan salah satu media bersarangnya bakteri sehingga bisa saja air yang kamu gunakan untuk mencuci softlensmu itu justru akan menambah banyaknya jumlah bakteri. Karena itu, selalu cuci softlensmu dengan contact lens solution khusus yang memang mengandung antibakteri. 
 


Membeli Softlens Sembarangan Tanpa Resep Dokter
 

source: https://id.pinterest.com/explore/contact-lenses-price/


Sama halnya ketika memilih skin care, tidak semua softlens itu cocok untuk matamu lho. Kamu harus mencari softlens yang memang sesuai dengan kondisi matamu seperti besarnya minus atau besarnya bola matamu. Karena itu, lebih baik kamu memilih softlens yang memang direkomendasikan oleh ahli mata dan tidak membelinya di sembarangan toko ataupun online.