1. Pilihlah Bahan Masakan yang Sehat

Memasak makanan dengan menggunakan bahan yang sehat dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan kulit adalah hal penting yang harus dilakukan kalau kamu memang ingin kulitmu awet muda. Pilihlah bahan makanan yang segar dan sebisa mungkin kurangi penggunaan bahan makanan olahan. Tidak lupa, perbanyak juga porsi sayuran terutama sayuran yang berdaun hijau gelap ya karena sayuran tersebut memiliki vitamin yang lebih banyak. Memperbanyak porsi sayuran juga akan membuatmu lebih kenyang sehingga mencegahmu makan dalam jumlah banyak atau mengemil setelah makan. 

Selain mengonsumsi banyak sayuran, kamu sebaiknya juga perbanyak konsumsi ikan dan kurangi konsumsi daging merah terutama bagian yang memiliki banyak lemak. Sertakan juga banyak rempah-rempah dalam masakanmu, karena selain memberi rasa sedap, beberapa jenis rempah juga mengandung nutrisi yang mencegah penuaan seperti jahe, serai, bawang putih, dan lain sebagainya.
 

source: http://isipiring.com/salad-hidangan-pembuka-sehat-ala-eropa/


 

2. Perhatikan Proses Saat Memasak Makanan

Proses masak yang dilakukan dengan benar bisa menjaga nutrisi makanan sehingga tubuh mendapatkan nutrisi secara maksimal. Suply nutrisi yang mencukupi ini dapat menjaga kulit kamu agar tetap awet muda. Proses masak selalu diawali dari mencuci bahan makanan. Jangan mencuci bahan makanan terlalu lama dalam air ya agar vitamin yang terkandung di dalam sayuran tidak berkurang. Proses memasak dengan cara direbus atau dikukus juga merupakan cara terbaik mengolah makanan sehat. 
Kurangi konsumsi makanan yang diolah dengan teknik deep fry karena mengonsumsi makanan berminyak dapat mempercepat proses penuaan. Selain itu, makanan yang digoreng juga dapat merusak kandungan gizi pada makanan seperti vitamin A, D, E, K, dan lemak baik berupa omega 3.

Makanan yang ditumis dapat menjadi pilihan karena menggunakan lebih sedikit minyak dan proses memasak yang lebih cepat sehingga mengurangi kerusakan nutrisi pada makanan. Untuk menambah nutrisi, kamu bisa mengganti minyak untuk menumis dengan olive oil atau minyak wijen, selain membuat rasa makanan semakin lezat, olive oil juga lebih sehat dibanding minyak biasa. Juga, hindari menghangatkan masakan berulang kali sebab nutrisi makanan akan berkurang dan kemungkinan terjadinya kontaminasi bakteri.
 

source: http://bowlofherbs.com/corn-healthy-snack/


 

baca juga

3. Jaga Pola Makan dengan Baik

Makanlah secara teratur dengan porsi berimbang dan menyehatkan agar kebutuhan nutrisi tubuh untuk metabolisme dapat terpenuhi. Hal ini memang terdengar sepele tapi nutrisi yang cukup dapat memaksimalkan kinerja tubuh memperbaiki dan menjaga sel tubuh yang berguna menjaga kesehatan kulit  agar kulit tetap awet muda. Oleh karena itu, hindari makan dalam jumlah besar sekali makan dalam sehari dan melewatkan jam makan setelahnya.

Sebelum makan sebaiknya minumlah air putih dan makan buah atau sayur agar tidak makan dalam jumlah berlebih. Kurangi konsumsi makanan olahan tinggi gula dan kalori terutama mendekati jam makan. 

Pola makan juga dipengaruhi oleh stres lho. Keadaan stres bisa memicu makan lebih banyak dan kecenderungannya makanan yang dikonsumsi juga tidak sehat seperti makanan tinggi karbohidrat, gula, garam, dan makanan cepat saji. Oleh sebab itu, hindari dan kelola stres dengan baik agar pola makan sehat tidak terganggu.

 

source: http://www.babymed.com/food-and-nutrition/how-safe-it-eat-sushi-or-raw-fish-during-pregnancy