source: http://www.nomadicmatt.com/female-travel-tips/


 

1. Mencari tahu kondisi destinasi yang dituju

Sebelum kamu menginjakkan kaki ke destinasi wisata yang diinginkan, jangan lupa untuk searching hal-hal yang identik tentang tempat tersebut agar tidak kagok nantinya ya. Misalnya, tentang kepercayaan masyarakatnya, bahasa yang sering digunakan, etika, dan bagaimana pandangan masyarakat disana tentang perempuan. Selain itu, carilah informasi tentang travel scam (karena, penting juga untuk diketahui agar kita tidak terjebak!) yang sering dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab di tempat yang akan kamu kunjungi.

 

2. Pastikan kontak dan kemudahan komunikasi

Tentunya, solo traveling akan makin menyenangkan jika kita bisa mengeksplor tempat-tempat baru di sekitar lokasi destinasi wisata. Sehingga, ada baiknya kamu tak perlu membuat agenda perjalanan yang saklek untuk dituruti. Namun, pastikan kamu memiliki kemudahan komunikasi di tempat tujuan untuk menghubungi keluarga dan teman, maupun sekedar update di sosial media. Let them know that you make  it to a new destination safely.

 

3. Buat kopian semua dokumen penting

Kehilangan barang saat traveling mungkin tak akan menjadi perkara besar. Namun, lain ceritanya jika dokumen penting seperti paspor, visa, SIM dan KTP, kartu kredit maupun debit yang hilang. Maka dari itu, lakukan tindakan prefentif dengan membuat kopian dokumen dan scan semua dokumen tersebut sebelum traveling. Simpan semua dokumen tersebut dalam email, cloud drive, dan simpan dalam USB flashdisk.

 

4. Download aplikasi traveling yang penting di smartphone

Salah satu hal yang tidak kalah pentingnya di zaman smartphone kini adalah memiliki aplikasi travel maupun aplikasi lainnya yang esensial dan praktis untuk traveling. Jadi, kamu bisa mendapatkan update info traveling yang kamu butuhkan seperti kurs mata uang, diskon hotel terbaik, peta destinasi wisata, dan informasi lainnya hanya dalam satu jari. Untuk mengoptimalkan kerja aplikasi, pastikan kamu membawa power bank karena fungsi GPS biasanya akan menghabiskan daya baterai smartphone-mu.

 

5. Learn Some Self-Defense

Kamu tak harus mempelajari bela diri secara mendalam untuk dapat melindungi diri sendiri saat ingin berpergian kemana-mana, kok. Searching aja di internet cara teknik-teknik self defense sederhana yang mudah kamu lakukan. Bisa juga dengan membawa alat perlindungan diri seperti pepper spray atau stunt gun di dalam tas kemana-mana.

 

6. Pisahkan antara uang cash dan dompet

Walaupun tak diinginkan, pencopet di wilayah destinasi yang kita tuju bisa saja mengincar barang berharga kita. That's why, always make your valuable goods safe! Untuk barang berharga seperti laptop, kamera, sebisa mungkin selalu bawa kemanapun pergi. Kemudian, pisahkan dompet dan kartu kredit dan simpan di tempat yang berbeda. Bila kamu memiliki kartu-kartu yang sudah tidak terpakai, simpan saja dan bawa terus kemana-mana. In case, jika pencopet mengincar uang dan kartu kreditmu dalam dompet palsu yang telah kamu siapkan, kamu tidak akan mengkhawatirkannya lagi.

 

7. Kenakan outfit yang tertutup dan nyaman 

Agar perjalanan kamu jadi lebih asyik, tak ada salahnya untuk berbaur bersama masyarakat di kawasan destinasi yang kamu lakukan. Supaya kamu merasa safe, kenakan outfit yang tertutup, atau selalu sedia sweater tipis dan scarf kemana-mana yang multifungsi. Berpakaianlah senyaman mungkin agar interaksi dengan penduduk sekitar makin menyenangkan.

 


Happy Solo Traveling, Beautynesian!
 
source: https://il6.picdn.net/