Diet GM awalnya diciptakan khusus untuk para pegawai perusahaan General Motor, sebuah perusahaan otomotif multinasional yang bermarkas di Michigan, Amerika Serikat. Sebelum diterapkan, program diet ini sudah diuji terlebih dahulu oleh John Hopkins Research Center dan telah disetujui oleh pihak manajemen perusahaan. Tujuan dari diet ini sesungguhnya sebagai salah satu fasilitas program kesehatan di lingkungan perusahaan. Diet GM dirancang mampu menurunkan berat badan 5 - 8 kg hanya dalam waktu 1 minggu tanpa mengurangi porsi makan, tanpa merasa lapar, dan tanpa merasa bosan dengan menu yang disajikan.
 

“DGM bisa menjadi salah satu solusi untuk mereka yang butuh diet dengan penurunan berat badan secara cepat tanpa harus mengkhawatirkan rasa lapar ataupun bosan karena diet yang monoton,” - dr. Berlian Siagian
source: http://www.bintang.com/style/read/2370605/mau-langsing-tanpa-harus-menahan-lapar-coba-deh-dgm

Lalu bagaimana cara menjalankannya? Caranya cukup mudah. Selama 7 hari, kamu akan menikmati menu makanan yang sudah ditentukan dan pastinya berbeda setiap harinya. Namun selama diet, kamu dianjurkan untuk konsumsi air putih minimal 10 gelas setiap hari dan menjauhi konsumsi alkohol. Dr Berlian Siagian pernah berbagi menu diet GM yang telah disusun oleh rekan seniornya, yaitu Dr Supriantoro, SpP, MARS di akun Facebook-nya. Berikut adalah menu diet GM selama 7 hari:
 

Hari pertama

Pada hari pertama, kamu hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi buah - buahan dan memperbanyak konsumsi air putih. Boleh konsumsi buah kalengan, namun usahakan menggunakan buah segar karena kandungan nutrisinya lebih banyak. Segala jenis buah dapat dipilih kecuali buah pisang dan alpukat. Mengapa dilarang konsumsi pisang dan alpukat? Karena pisang dan alpukat termasuk buah berkalori paling tinggi dan mengandung kadar gula yang tinggi. Sedangkan buah yang dianjurkan adalah melon dan semangka karena mengandung banyak serat dan cepat mengenyangkan. Tidak ada batasan porsi pada hari pertama ini. Kamu boleh makan sampai merasa cukup kenyang.
 

source: http://cara-membuat-jus20.blogspot.co.id/2015/07/cara-membuat-jus-semangka-melon-untuk-penyakit-kanker.html


 

baca juga

Hari kedua

Masih sama dengan cara di hari pertama, hanya saja hari kedua ini menu buah - buahan diganti menjadi sayur - sayuran. Jadi, pada hari kedua hanya diperbolehkan konsumsi sayuran saja. Tidak ada pantangan untuk jenis sayur yang akan dikonsumsi, sehingga kamu bisa konsumsi segala jenis sayur yang kamu sukai termasuk kentang, baik mentah ataupun matang. Jika ingin konsumsi sayur matang, sayur dapat dimasak dengan cara ditumis ataupun direbus asalkan meminimalkan bumbu penyedap dan garam yang digunakan dan lebih menggunakan rempah - rempah. Kamu juga boleh konsumsi sayur hingga merasa kenyang karena tidak terdapat batasan porsi.
 

source: http://lagizi.com/mengupas-junk-food/


 

Hari ketiga

Pada hari ketiga, kamu hanya boleh konsumsi buah dan sayuran. Keduanya harus dikonsumsi bersamaan di hari kedua, jangan hanya konsumsi sayur atau buah saja. Masih sama halnya dengan hari pertama, hindari konsumsi buah pisang dan dianjurkan konsumsi buah semangka atau melon. Namun jika merasa bosan, kamu bisa menggantinya dengan buah lainnya. Sedangkan pada hari ketiga, terdapat sayuran yang perlu dihindari yaitu kentang. Mengapa demikian? Karena kebutuhan karbohidrat akan terpenuhi melalui konsumsi buah. Pada hari ketiga ini tubuh memulai proses pembakaran lemak.
 

source: https://dianafjrn.wordpress.com/


 

baca juga

Hari keempat

Pada hari keempat ini barulah diperbolehkan konsumsi buah pisang karena menu di hari keempat ini adalah pisang dan susu rendah lemak. Terdapat batasan porsi dalam konsumsi buah pisang dan susu, yaitu maksimal sebanyak 8 buah pisang dan untuk susu maksimal sebanyak 3 gelas. Dengan konsumsi pisang diharapkan dapat menurunkan keinginan untuk konsumsi makanan yang manis sehingga proses penurunan berat badan akan lebih efektif. Namun apabila kamu masih terasa lapar, boleh konsumsi sup sehat yang berisikan sayuran saja dan tidak mengandung garam.
 

source: http://habbatsmaduanak.blogspot.co.id/p/blog-page_39.html


 

Hari kelima

Setelah hanya konsumsi buah dan sayur selama 4 hari, pada hari kelima ini daging mulai dikonsumsi kembali. Karena menu di hari kelima adalah 500 gr daging sapi dan 6 buah tomat. Daging sapi juga boleh diganti dengan daging ayam asalkan daging ayam tersebut tanpa kulit dan usahakan menghindari bagian paha yang mengandung banyak lemak. Lalu bagi yang vegetarian bisa mengganti konsumsi daging dengan tempe. Pada hari kelima ini disarankan menambah konsumsi air putih sebanyak 4 gelas untuk menetralisir sistem pencernaan.
 

source: https://life.idntimes.com/women/maira/diet-yang-satu-ini-menjamin-beratmu-turun-bahkan-dari-minggu-pertama-kamu-mulai

Hari keenam

Menu pada hari keenam hampir sama dengan hari kelima, hanya saja tomat diganti dengan jenis sayuran yang lain. Seluruh jenis sayuran boleh dikonsumsi kecuali kentang karena kebutuhan karbohidrat akan terpenuhi melalui konsumsi daging. Pada hari keenam ini tidak ada batasan seberapa banyak porsi sayur dan daging yang dapat dikonsumsi, kamu boleh konsumsi sampai merasa cukup kenyang. Di tahap inilah hasil diet GM sudah mulai terlihat namun tetap perlu konsistensi hingga hari ketujuh.
 

source: http://www.generalmotorsdiet.net/gm-diet-day-6/


 

Hari ketujuh

Di hari ketujuh ini menu yang dikonsumsi adalah sayuran, sedikit buah - buahan, dan nasi merah. Sudah tidak ada lagi konsumsi daging di hari ketujuh ini. Konsumsi buah di hari ketujuh ini dapat disajikan dalam bentuk minuman jus namun tetap usahakan tanpa gula. Hari ketujuh ini adalah hari terakhir menjalani diet GM. Setelah itu, kamu boleh mulai kembali dengan pola makan biasa, namun usahakan mengganti nasi putih dengan nasi merah dan perbanyak sayur dan buah ya agar berat badanmu tidak naik kembali.
 

source: http://food.detik.com/readfoto/2012/07/13/191059/1965070/484/3/ufs-seductive-nutrition-makan-sehat-tak-harus-menyiksa


 

Program diet ini hanya perlu dilakukan sekali dalam sebulan. Tidak perlu takut akan konsistensinya karena berat badan akan tetap stabil selama program dilakukan secara konsisten. Untuk menunjang hasil yang lebih baik, maka diet perlu diimbangi juga dengan olahraga sederhana yang dilakukan secara teratur. Sebagai contoh, mulailah memilih tempat parkir yang jauh dari lokasi kantor sehingga ada upaya jalan kaki lebih jauh setiap harinya. Selamat mencoba, Beautynesian!