Gunakan Sepatu dengan Ukuran yang Pas

Saat membeli sepatu, pastikan kamu mencobanya untuk berjalan beberapa langkah. Rasakan apakah sepatu tersebut terlalu sempit atau terlalu longgar saat berjalan. Pilih sepatu yang nyaman dan tidak menyebabkan kakimu lecet karena terlalu sempit. Jangan hanya karena model sepatu yang indah, lantas kamu memaksakan diri untuk membeli sepatu dengan ukuran yang tidak pas. Take your time to choose ya!

 

source: https://id.pinterest.com/pin/521502831834862619/

Pilih Sepatu dengan Hak Lebih Tebal

Semakin tebal hak sepatu, semakin kecil tekanan yang kamu berikan pada kakimu, sehingga mengurangi rasa pegal dan sakit pada bagian pergelangan kaki. Beberapa alternatif sepatu dengan hak yang tebal yaitu sepatu model wedges atau block heels. Hindari juga menggunakan sepatu dengan hak yang terlalu tinggi ya, Beautynesian!

 

source: https://id.pinterest.com/pin/365073113528129420/

Stretch

Ketika rasa sakit atau pegal mulai terasa, lepas heelsmu dan lakukan sedikit pemanasan dengan menggerakkan kaki dan jari kakimu. Hal ini bertujuan untuk membuat otot kembali rileks dan mengurangi pegal pada kaki.

 

source: http://www.athleticsweekly.com/

Gunakan Insoles atau Foot Pad

Jika diperlukan, kamu dapat memakai insoles/foot pad untuk mengganjal sepatumu. Benda ini berfungsi untuk mengurangi tekanan pada kaki dan membuat kakimu lebih nyaman saat memakai sepatu dengan hak tinggi.

 

source: https://id.pinterest.com/pin/291819250835944082/

Take a Break

Sekali-kali, coba tinggalkan heelsmu di rumah dan gunakan koleksi sneakers atau flat shoes yang kamu miliki. Istirahatkan kakimu dari sepatu hak tinggi. Kamu akan merasa jauh lebih nyaman dan rileks saat menggunakan sepatu tanpa hak.

 

source: https://id.pinterest.com/pin/308285536974362484/