Gunakan Pasta Gigi Khusus untuk Gigi Sensitif
 

source: http://www.gdnonline.com/Details/97472/10-things-you-should-NOT-do-immediately-after-a-meal-/106500


Yup, cara terbaik merawat gigi sensitif adalah dengan menggunakan pasta desensitizing toothpaste atau pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Pasta gigi ini diformulasikan khusus dengan bahan aktif yang dapat berfungsi sebagai perisai untuk gigi yang akan melindunginya dari makanan panas ataupun dingin sehingga tidak mencapai syaraf gigi. Saat ini sudah ada banyak pasta gigi jenis ini dijual bebas di minimarket ataupun supermarket, jadi kamu tidak perlu susah-susah mencarinya lagi di drugstore.
 


Gunakan Sikat Gigi dengan Bulu yang Lembut
 

source: http://www.fryorthodontics.com/orthodontic-myth-busters/


Karena gigimu sensitif, sebaiknya pilih sikat gigi dengan bristle yang lembut sehingga gentle untuk gusi dan gigimu. Penggunaan sikat gigi yang keras hanya akan melukai gusi dan gigimu, dan bahkan merusak lapisan enamel pada gigi sehingga malah memperparah keadaan gigi sensitifmu. Karena itu, gunakakan sikat gigi yang lembut dan menyikatnya secara perlahan-lahan. 
 

baca juga


Gunakan Mouthwash dan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride
 

source: https://www.listerine.com/mouthwash/fluoride/listerine-fluoride-defense-mouthwash


Kamu pasti pernah mendengar kan pasta gigi ataupun mouthwash dengan kandungan fluoride? Yes, kandungan ini memang sangat dikenal mampu mengurangi rasa sensitif pada gigi sehingga dapat menyelamatkanmu dari rasa ngilu akibat gigi sensitif. Karena itu, pilihlah produk perawatan gigi dan mulut yang mengandung fluoride untuk merawat gigi sensitifmu.
 


Selalu Jaga Kebersihan Mulut dan Gigi
 

source: http://indonesiaglory.com/how-to-floss-your-teeth-the-right-way-easily/


Kalau sudah terlanjur memiliki gigi sensitif, wajib hukumnya buat kamu untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi. Minimal kamu harus menggosok gigi sebanyak dua kali sehari, pada pagi dan malam sebelum tidur. Kebiasaan flossing atau membersihkan sela-sela gigi dengan benang sehari sekali juga sangat baik untuk memastikan gigimu benar-benar bersih dari plak yang nantinya akan memicu produksi asam yang bisa membuat gigi sensitifmu semakin parah.
 

baca juga


Hindari Makanan dan Minuman yang Dingin, Panas, dan Bersifat Asam
 

source: http://www.skymetweather.com/content/lifestyle-and-culture/10-reasons-why-coffee-is-an-all-season-drink/


Ketiga jenis makanan dan minuman ini merupakan musuh terbesar yang harus dihindari oleh kamu pemilik gigi sensitif karena bisa memicu rasa ngilu pada syaraf gigi. Hindari makanan dan minuman yang bersifat dingin ataupun panas, dan juga asam seperti jus buah, soft drink, teh, dan lainnya kalau kamu tidak ingin menderita rasa ngilu yang berkelanjutan.
 


Ubah Kebiasaan Menggosok Gigi
 

source: http://www.completehealthnews.com/top-10-tooth-brushing-mistakes/


Kebiasaan cara menggosok gigi juga harus kamu perhatikan lho kalau kamu memiliki gigi yang sensitif. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sangat direkomendasikan buat kamu untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut. Selain itu, gosok gigimu secara perlahan dan gentle selama dua menit. Jangan menggosok gigimu terlalu keras ya karena bisa merusak enamel dan memperparah keadaan gigi sensitifmu. Believe me, cara menggosok gigi yang benar ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan gigimu. 
 


Kumur Menggunakan Air Garam Hangat
 

source: http://www.lifemartini.com/best-natural-cures-for-stye/


Buat kamu yang suka mencoba cara alami, metode satu ini pasti akan menarik perhatianmu. Larutkan 2 sdt garam pada segelas air putih hangat, dan gunakan cairan garam ini sebagai mouthwash di pagi dan malam hari. Cara alami ini dianggap sangat baik untuk mengurangi rasa ngilu pada gigi sensitif dan aman untuk dicoba di rumah. Selamat mencoba, Beautynesian!