1. Minum Soda untuk Memperlancar Menstruasi

Menurut mitos yang berkembang di masyarakat, minum minuman bersoda akan mempercepat menstruasi. Hal ini tidak benar, Minasan. Belum ada penelitian yang membuktikan kebenaran mitos tersebut.
source: http://www.harnas.co/2014/12/17/mengapa-harus-setop-minum-soda
Hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan kalau mengonsumsi minuman bersoda dapat mempercepat menstruasi. Minuman bersoda hanya dapat membuat seseorang merasa lebih segar. Walaupun dapat menimbulkan rasa segar, Anda juga tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman bersoda secara rutin dalam jangka panjang karena dapat mempengaruhi keseimbangan nutrisi dalam tubuh yang otomatis dapat mempengaruhi siklus menstruasi.
source: http://doktersehat.com/mitos-dan-fakta-seputar-menstruasi/

2. Jangan Minum Es Saat Menstruasi

Banyak yang mengira meminum minuman dingin atau es tidak baik bagi wanita yang sedang menstruasi. Padahal minuman dingin dan menstruasi sama sekali tidak ada hubungannya. Boleh-boleh saja kok Minasan meminum air dingin saat datang bulan.
source: http://lifestyle.okezone.com/read/2014/12/03/481/1074291/mitos-minum-air-es-bikin-gemuk
Haid berhubungann dengan sistem reproduksi wanita, sedangkan minum dan makan akan berhubungan dengan sistem pencernaan. Anda bisa mengetahui sendiri bahwa dua sistem yang berbeda yaitu sistem reproduksi dan sistem pencernaan yang terpisah dan tidak ada hubungan satu sama lainnya. Sehingga secara medis tidak benar adanya pengaruh antara minum-minuman dingin yang anda konsumsi sedang haid dengan adanya gangguan pada haid. Apalagi hingga menyebabkan adanya pembekuan darah, itu hanya kesalahan cara pandang masyarakat.
source: http://kesehatanmuslim.com/mitos-seputar-haid/

3. Minum Obat Pereda Nyeri Saat Menstruasi Pengaruhi Kesuburan

Sampai saat ini belum dapat dibuktikan apakah mengonsumsi obat nyeri akan mengganggu kesuburan. Namun, sebaiknya Minasan mengonsumsinya bila benar-benar dibutuhkan dan konsumsilah sesuai petunjuk dokter.
source: http://health.kompas.com/read/2013/05/30/12391640/Obat.Pereda.Nyeri.Dosis.Tinggi.Bahayakan.Jantung
Obat pereda nyeri aman digunakan untuk anda yang ingin menghilangkan rasa sakit ketika sedang haid. Akan tetapi anda juga harus memperhatikan penggunaanya, gunakan jika memang dibutuhkan. Hubungan dengan kehamilan yang sampai saat ini diteliti memang tidak dapat dinyatakan sepenuhnya mengganggu kesuburan karena selama mengikuti anjuran dokter.
source: http://bidanku.com/mengungkap-mitos-seputar-haid-yang-dipercaya-wanita

4. Pembalut Itu Berbahaya

Efek pemakaian pembalut memang berbeda-beda bagi setiap wanita. Sebagian wanita yang berkulit sensitif dapat mengalami lecet saat memakai pembalut. Sebaiknya pilih pembalut yang kering dan nyaman dipakai. Usahakan mengganti pembalut 2 sampai 3 kali sehari saat cairan sedang banyak-banyaknya.
source: http://kesehatanmuslim.com/mitos-seputar-haid/
Pembalut adalah benda yang dapat menjaga wanita tetap nyaman saat menstruasi. Cairan yang ditampung oleh pembalut akan membuat aktivitas tidak terganggu. Hanya saja, beberapa wanita bisa mengalami iritasi. Sebaiknya pembalut dipakai maksimal 4 jam saja.
source: https://id-id.facebook.com/sayapinginhamil/posts/530010553702178

5. Saat Menstruasi Tidak Boleh Berenang Karena Akan Menyebabkan Kemandulan

Secara medis, tidak ada hubungannya berenang saat menstruasi dengan kemandulan. Hanya saja, Minasan harus memperhatikan kenyamanan saat berenang. Sebaiknya pilih pembalut yang aman untuk berenang, atau tunda berenang sampai selesai mentruasi.
source: http://infobenar.com/blog/manfaat-berenang-bagi-kesehatan-tubuh/
Tidak ada larangan medis dan hubungannya dengan kemandulan untuk berenang disaat menstruasi jika para cewek saat menstruasi benar-benar memastikan kenyamanan pembalut dan pakaian renang yang digunakan. Namun sebaiknya dilihat kembali yang menjadi prioritas kamu saat itu, aktifitas berenang atau kenyamanan menstruasi. Jika kamu sudah yakin akan pembalut dan pakaian renang yang digunakan, tidak ada salahnya untuk berenang.
source: http://doktersehat.com/mitos-dan-fakta-seputar-menstruasi/

6. Jangan Keramas Saat Menstruasi

Keramas tidak ada hubungannya dengan menstruasi. Justru kita harus sering-sering membersihkan diri, baik tubuh maupun rambut kita. Terbayang kan kalau tidak keramas seminggu cuma karena masih menstruasi?
source: http://sahabathawa.com/frekuensi-keramas-yang-baik-untuk-rambut-anda/
Keramas tidak ada hubungannya dengan haid, namun lebih kepada kebersihan tubuh dan rambut Anda. Berkeramas tidak ada larangan ketika sedang haid, justru malah harus dilakukan. Menjaga kebersihan adalah hal terpenting ketika sedang haid. Begitu pula dengan mencuci rambut, kebersihan kulit kepala ketika sedang haid harus lebih dijaga karena adanya perubahan hormon.
source: http://kesehatanmuslim.com/mitos-seputar-haid/
Sekarang Minasan sudah mengerti kebenaran mitos-mitos tersebut. Semoga informasi ini berguna ya, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tubuh saat menstruasi.