Bagi sebagian wanita, haid terkadang menjadi saat - saat yang berat karena kehadirannya diiringi dengan nyeri yang tidak tertahankan. Namun tidak jarang juga yang tidak mengalami nyeri saat haid. Pada dasarnya nyeri haid muncul karena terjadi kontraksi yang cukup kencang pada otot dinding rahim yang menekan pembuluh darah sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim. Tidak adanya oksigen inilah yang menyebabkan rahim melepaskan bahan kimia yang menghasilkan rasa nyeri. Rasa nyeri dapat menjadi semakin parah karena tubuh juga mengeluarkan zat yang bernama prostaglandin yang dapat memicu otot rahim terus berkontraksi. Sebagian wanita memproduksi prostaglandin dalam jumlah yang lebih banyak sehingga merasakan rasa nyeri yang lebih hebat daripada yang lainnya.

source: http://panduanhidupsehat.com/tips-sehat/alternatif-mengurangi-nyeri-saat-haid/

Nyeri haid umumnya muncul selama 2 - 3 hari sejak sehari sebelum menstruasi datang. Jika memang sejak pertama kali menstruasi sudah mengalami nyeri haid maka hal ini disebut dismenore primer dan ini adalah  sesuatu hal yang normal karena akan berkurang seiring bertambahnya usia dan bahkan bisa hilang setelah mengalami kehamilan. Namun bagi sebagian orang yang tidak kuat menahan rasa nyeri tersebut lebih memilih konsumsi jamu pereda nyeri haid. Apakah hal ini aman dan diperbolehkan?

Boleh, asal ketahui terlebih dahulu penyebab nyeri nya

dr. M. Nurhadi Rahman, Sp.OG mengatakan bahwa konsumsi jamu pereda nyeri haid sebenarnya tidak dilarang. Namun kita perlu mencari terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab rasa nyeri tersebut. Jika memang itu hanya persoalan fisiologis biasa dan tidak dikarenakan permasalahan lain yang lebih serius maka nyeri haid dapat diatasi dengan jamu pereda nyeri namun jika dikarenakan penyebab lainnya maka konsumsi jamu pereda nyeri akan sia - sia.

"Ketahui apa penyebabnya, nanti baru diberikan pengobatan nyeri yang memang sesuai dengan penyebab itu. Daripada minum seperti itu (obat dan jamu pereda nyeri haid) terus tapi penyebab pastinya tidak diatasi kan," - dr. M. Nurhadi Rahman, Sp.OG
source: https://health.detik.com/read/2014/01/08/153628/2461825/775/minum-obat-dan-jamu-pereda-nyeri-saat-haid-bisa-bikin-rahim-kering

Jika setiap bulan rasa nyeri yang dirasakan tidak kunjung hilang atau malah semakin parah maka sudah saatnya hentikan konsumsi jamu tersebut dan mulai berkonsultasi dengan dokter spesialis obstetri dan ginekolog. Karena rasa nyeri yang meningkat saat menstruasi bisa jadi tanda endometriosis.

Boleh, asal dosis dan penggunaannya diatur

Jamu pada dasarnya memang terbuat dari bahan alami namun bukan berarti kita dapat mengkonsumsi secara sembarangan. Konsumsilah sesuai dosis yang dianjurkan karena walaupun tidak mengandung bahan kimia namun apabila dikonsumsi secara berlebih tetap akan memberikan efek samping. Sehingga usahakan hanya konsumsi jamu saat nyeri tidak tertahankan saja.

"Saat rasa nyeri tak tertahankan saat menstruasi, tidak apa-apa mengonsumsi obat pereda nyeri karena hanya beberapa hari" - dr. Dwi Pantja Wibowo, Sp.An.
source: http://health.liputan6.com/read/2313296/selalu-minum-obat-pereda-nyeri-saat-haid-amankah

Sebagian besar jamu pereda nyeri haid menggunakan bahan dasar kunyit asam. Sedangkan kunyit hanya dapat dikonsumsi maksimal sebanyak 500mg/hari. Beberapa efek samping konsumsi jamu kunyit asam secara berlebihan yaitu perdarahan, gangguan pencernaan, gangguan empedu, gangguan hati, kontraksi rahim, dan alergi.

Nah, sebelum memutuskan mengkonsumsi jamu pereda nyeri haid, tidak ada salahnya jika melakukan cara alami untuk mengatasi rasa nyeri tersebut. Apa saja cara yang dapat dilakukan?

  • Memperbanyak konsumsi air putih dan mengurangi minuman bersoda atau kopi yang dapat menyebabkan perut terasa kembung.
  • Mengompres perut dengan botol kaca atau kantong karet yang telah diisi dengan air hangat yang dapat diikuti dengan gerakan pemijatan. Teknik ini dapat membuat otot tubuh lebih rileks sehingga membantu proses pelebaran pembuluh darah sehingga dapat mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri.
source: http://kaltim.tribunnews.com/2015/11/07/perut-nyeri-haid-jangan-panik-lakukan-7-cara-alami-mengatasi?page=2
  • Mencoba berbaring dengan posisi kaki sedikit diangkat kemudian diganjal dengan bantal atau coba berbaring dengan posisi miring dan kedua lutut kaki ditekuk. Kedua posisi ini akan mengurangi rasa nyeri perut.
source: http://www.alodokter.com/penyebab-nyeri-haid-yang-tidak-tertahankan