Gerakan Menghaluskan Dahi (The Forehead Smoother)
 

source: http://www.byrdie.com/face-yoga-exercises/


Gerakan yoga pertama ini akan membantumu melawan kerutan di area dahi dengan melemaskan otot dahi dengan menggunakan acupressure untuk membuat kulit menjadi rileks sekaligus mengencangkan kulit di area dahi.

Cara melakukannya:

  • Kepalkan kedua tangan. Letakkan kedua kepalan tersebut dengan ujung tulang jari tengah dan telunjuk berada di tengah-tengah dahi dan berikan sedikit pressure pada ujung tulang tersebut. 
  • Dengan tetap memberikan tekanan, tarik kepalan tanganmu ke arah samping secara perlahan hingga mencapai ujung pelipis.
  • Ketika mencapai ujung pelipis, berikan sedikit tekanan dengan menggunakan ujung tulang jari tengah dan telunjuk.
  • Ulangi gerakan ini sebanyak empat kali. 

 


Mengencangkan Otot Leher (The Neck Lift)
 

source: http://www.byrdie.com/face-yoga-exercises/slide2


Nah kalau gerakan yoga wajah kedua ini sangat beneficial atau bermanfaat buat kamu yang memiliki masalah dengan double chin. Yes, gerakan kali ini bermanfaat untuk mengencangkat otot leher dan rahang agar tidak terjadi penumpukan lemak di area tersebut atau yang biasa kamu kenal dengan double chin. 

Cara melakukannya:

  • Tarik bibirmu ke arah samping sejauh yang kamu bisa hingga kamu merasa otot lehermu tertarik.
  • Lalu, tengokkan wajahmu sesuai dengan arah bibirmu selagi mendongakkan kepalamu ke atas hingga membentuk sudut sekitar 45 derajat. 
  • Tahan selama tiga detik dan ulangi kembali gerakannya sebanyak 4 kali.
  • Setelah itu, ulangi langkah yang sama untuk sisi kepala lainnya.
<baca juga>


Gerakan Mengencangkan Wajah (The Face Lift)
 

source: http://www.byrdie.com/face-yoga-exercises/slide3


Gerakan yoga wajah selanjutnya ini sangat baik untuk mengencangkan garis halus dan kerutan yang ada di area bibir (smile lines) dan mengencangkan bagian mata dan pipi.

Cara melakukannya:

  • Letakkan kedua telapak tangan pada area pelipis.
  • Lalu, tarik telapak tanganmu ke belakang untuk menarik bagian pinggir wajah,
  • Buka mulutmu dan membuat bentuk "O", kemudian tarik rahangmu ke bawah dan buat wajahmu memanjang sejauh yang kamu bisa. 
  • Tahan posisi ini selama lima detik dan ulangi dua kali gerakan lagi.


Mengangkat Area Mata (The Eye Lift)
 

source: http://www.byrdie.com/face-yoga-exercises/slide4


Kalau kamu merasa sudah muncul kerutan di area mata atau merasa matamu semakin menurun, yoga wajah satu ini bisa membantumu mengencangkan kembali kulit di area mata. 

Cara melakukannya:

  • Angkat satu tanganmu ke atas dan letakkan lenganmu di kepala selagi ujung jari menyentuh bagian pelipis. 
  • Secara lembut, tarik ke atas jarimu untuk mengangkat kulit wajahmu. Lalu, jatuhkan kepalamu ke bahumu dan biarkan bagian dadamu terbuka.
  • Tahan posisi ini selama beberapa detik selagi menhembuskan napas ke luar melalui mulut.
  • Lakukan gerakan ini untuk sisi wajah satunya lagi dan ulangi sebanyak empat kali untuk masing-masing sisi.