1. Masak Hingga Ke Akar

Tren ini berasal dari kampanye yang mencegah pemborosan dan pembuangan makanan. Daripada hanya memasak bagian sayur yang kelihatannya bagus, lebih baik dimasak juga bagian akarnya. Jadi,  jangan memotong sayuran, dan sebaiknya langsung masukkan saja sayurannya ke dalam panci setelah dicuci bersih. Selain menghemat bahan makanan, bagian-bagian yang biasanya dibuang ini juga dapat mengenyangkan perut lho. Dan bukan pada masakan rumah tangga saja, sudah banyak chef yang memasak dengan metode ini.
 

source: https://www.movenourishbelieve.com/recipes/root-to-stem-how-this-cooking-method-can-reduce-waste-and-save-you-money/


 

2. Ruput Laut & Sayuran Hijau Lainnya

Bukan hanya untuk sup dan snack saja, tahun 2017 akan banyak makanan yang menjadikan rumput laut sebagai bahan utamanya. Menurut perusahaan konsultan Baum + Whiteman, mulai banyak konsumen yang menggemari menu rumput laut dikarenakan manfaatnya yang mendukung diet. Nantinya rumput laut akan juga dijumpai pada saus dan dressing oil.

Tidak hanya itu saja, berbagai macam sayuran hijau juga akan dimanfaatkan tahun ini seperti kelp dan salsola. Salsola adalah sayuran yang paling banyak dijumpai di Jepang dan Italia. Sayuran ini jarang dilirik sebagai makanan apalagi ketika ia tumbuh di air asin. Namun ternyata, sayur ini sangat gurih dan mengandung banyak vitamin A & K serta kalsium, potasium dan zat besi.
 

source: http://centerofthewebb.ecrater.com/p/20581826/heirloom-land-seaweed-okahijiki-saltwort


 

baca juga

3. Golden latte

Mungkin terlihat seperti kopi, tapi minuman ini adalah campuran coconut oil, kunyit, jahe, lada hitam, cinnamon, madu dan susu. Mungkin makanan ini terlihat tidak enak, namun sebenarnya minuman ini memiliki rasa yang sangat gurih dan membuat kenyang. Tentunya ini bisa dimanfaatkan ketika sedang diet, bukan? Minuman ini juga sangat banyak dicari karena bersifat anti-inflamatori.
 

source: http://www.self.com/story/healthy-food-trends-2017

4. Burger Vegetarian yang Terasa Seperti Daging

Untuk yang vegan namun sangat suka burger, tenang saja karena sekarang sudah ada vegetarian burger yang isinya terasa seperti daging sapi. Isian burger seperti ini sudah diproduksi oleh Beyond Burger yang akan dijual secara internasional. Jadi, untuk yang sangat suka dengan burger tidak perlu takut lagi akan lemak dan kalori yang akan dikonsusi. Dijamin, burger ini sehat untuk masuk dalam daftar makanan diet kamu.
 

source: http://veganheaven.org/recipe/green-monster-veggie-burger/


 

baca juga

5. Tepung Kelapa

Jika sudah ada coconut oil, coconut water dan coconut milk yang telah menggantikan semuanya dikarenakan kandungannya yang sangat menyehatkan, sekarang sudah ada coconut flour. Tepung dari kelapa ini gluten-free sehingga sangat mudah untuk dicerna. Selain itu, coconut flour mengandung protein dan fiber yang sangat tinggi. Tidak hanya tepung, ternyata ada juga gula kelapa. Namun gula ini sama saja dengan gula lainnya yang tidak aman untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak.
 

source: https://draxe.com/coconut-flour-nutrition/