1. Jangan Menunggu Sampai Lebat

Demi berhemat, banyak diantara kita yang baru akan melakukan waxing pada saat bulu kaki sudah sangat panjang. Katanya, bulu yang masih pendek tidak akan dapat ditarik oleh wax sehingga percuma saja melakukan waxing apalagi jika sudah membayar mahal ke salon. Kedua hal ini jelas salah dan harus diubah pandangannya.

source: http://www.thefashionpolice.net/2012/06/hairy-legs-are-back-in-fashion.html

Waxing jaman sekarang dapat menarik balu-bulu halus bahkan dalam ukuran inci sekali pun. Selain itu, menunggu bulu yang panjang tentunya akan terasa lebih sakit dan lebih mudah menyebabkan iritasi pada saat di-wax. Jika sudah mulai muncul banyak bulu-bulu halus pada permukaan kulit, lebih baik segera di-wax saja, ya!

2. Waspada Terhadap Gejala Alergi

Takut dengan rasa sakit atau alergi yang dapat ditimbulkan? Jika alergi mudah kambuh, gunakan antihistamine atau ibuprofen 30 menit sebelu waxing. Jangan menggunakan es batu untuk membuat kulit mati rasa karena akan semakin sulit untuk menarik bulu hingga ke akar.

Sebelum mengaplikasikan wax, pastikan untuk mencuci bersih kaki dengan sabun dan air hangat. Jangan membiarkan lotion atau minyak membekas pada permukaan kulit. Jangan juga menggunakan toner atau antiseptic karena dapat menutup pori-pori.

source: http://beautyeditor.ca/2014/06/23/how-to-wax-your-legs
baca juga

3. Gunakan Wax yang Bermutu

Untuk pemula sebaiknya menggunakan wax yang menyediakan kertas atau wax strip. Kertas ini akan memudahkan kita ketika menarik bulu kaki. Contoh produk adalah Nair Moroccan Argan Oil Easy to Use Wax Strips for Legs & Body. Wax seperti ini sudah memiliki perekat pada setiap kertasnya sehingga kita hanya perlu menghangatkannya saja. Selain itu kita juga tidak perlu mempertimbangkan. Kita juga tidak perlu takut terlalu lama memanaskannya karena setelah logo pada kertas hilang maka wax sudah siap digunakan.

source: http://beautyeditor.ca/2014/06/23/how-to-wax-your-legs

Wax strips ini mengandung jojoba pil yang aman untuk kulit sensitif atau kering. Selain itu strips ini dapat mencabut bulu sependek 1.5 millimeter sekalipun. Tentunya produk ini saat memudahkan DIY kita, bukan? Jika sudah mahir, dapat menggunakan sugar-based wax seperti Nair Candy Apple Sugar Wax. Wax ini dapat dibersihkan dengan menggunakan air sehingga kita cukup menggunakan handuk hangat untuk membersihkan kaki setelah penggunaan.

4. Lakukan Wax Secara Benar Sesuai Instruksi

Jika sudah terbiasa tidak masalah, namun pastikan kita melakukan waxing secara benar untuk menghindari hal-hal buruk. Apapun metodenya, selalu baca dengan teliti instruksi yang diberikan dari memanaskan wax sampai cara menariknya. Untuk cara menggunakan wax kira-kira sebagai berikut:

  1. Aplikasikan wax searah arah tumbuh bulu lalu letakkan kertas yang disediakan di atasnya
  2. Tekan perlahan agar menempel dengan baik
  3. Tahan kulit dengan satu tangan lalu tarik kertasnya dengan tangan satunya lagi berlawanan dengan arah tumbuh bullu
  4. Lakukan secara cepat dan tegas untuk menghindari rasa sakit
  5. Setelah ditarik, tekan-tekan kulit secara perlahan untuk mengatasi ras sakit dan lainnya
source: http://beautyeditor.ca/2014/06/23/how-to-wax-your-legs

Untuk area lainnya seperti underarm, tentunya kita butuh bantuan orang lain untuk mengaplikasikan wax dan menariknya. Mungkin ketika mencabut akan baik-baik saja, namun keesokan harinya underarm akan menjadi kemerahan dan panas. Hal ini dikarenakan kita tidak melakukannya secara tepat. Oleh karena itu, selalu minta bantuan orang lain untuk mencabut bulu pada area yang tidak terjangkau.

baca juga

5. Lakukan Perawatan Post-Waxing

Selalu gunakan krim atau minyak kulit setelah melakukan waxing untuk melindungi kulit dari iritasi. Dapat menggunakan Parissa Azulene Oil After Care yang dapat mengatasi kemerahan dan membersihkan residu yang masih menempel pada kaki. Dapat juga menggunakan bahan rumah tangga seperti lidah buaya yang kemudian dioleskan ke kaki. Jika ingin lebih praktis dapat membeli Jason 98% Aloe Vera Moisturizing Gel. Tentunya produk-produk ini akan sangat soothing di kulit, bukan?

source: http://beautyeditor.ca/2014/06/23/how-to-wax-your-legs

6. Lakukan Perawatan Pasca Treatment

Untuk memperlambat munculnya bulu-bulu halus, lakukan eksfoliasi dan moisturizing pada kaki secara teratur untuk mengikis kulit mati. Dapat menggunakan Tend Skini s untuk melembutkan dan menghaluskan kulit kaki sehari-hari. Selain itu, tetapkan jadwal secara disiplin kapan akan melakukan waxing. Bulu akan mulai bermunculan setelah 4-6 minggu. Dengan begini kita akan dapat mengantisipasi kapan bulu-bulu halus akan tumbuh. Selain itu, jika kita sudah sering waxing maka tetaplah melakukan waxing. Jangan berpindah ke alat cukup atau sebaliknya karena justru akan membuat pertumbuhan bulu tidak beraturan.

source: http://www.elle.com/beauty/makeup-skin-care/tips/g8037/how-to-shave-your-legs/