1. Gunakan Alat yang Tepat

Jika menggunakan alat pencukur yang berkualitas, hasil shaving pun akan halus tidak menyisakan satu bulu pun.  Selalu perhatikan apakah mata pisaunya masih tajam atau tidak. Alat cukur yang memiliki multiple blades lebih baik digunakan daripada yang hanya memiliki 1 atau 2 blades. Pastikan juga untuk menggunakan scrub dan shaving cream dari merek yang sudah terjamin kandungan di dalamnya. 

source: http://www.blogcdn.com/www.stylelist.com/media/2013/03/shaving-getty

2. Jangan Lupa Mengeksfoliasi Kulit

Sempatkan beberapa menit untuk meng-scrub kulit sebelum mencukur. Scrub akan mengikis kulit mati dan membersihkan pori-pori sehingga bulu kaki akan mudah tercabut nantinya. Kita dapat menggunakan DIY scrub dengan resep sebagai berikut:

source: http://www.lifemartini.com/how-to-remove-dry-skin-from-legs-and-feet-at-home/
  •  1/2 gelas sea salt
  • 1/2 gelas jojoba, almond, atau olive oil
  • 1 sendok teh sari jeruk atau grapefruit

Salt scrub seperti ini akan membuat kulit terasa rileks apalagi dilengkapi dengan aroma citrus yang menyegarkan. Kita cukup mencampurkan semua bahan ke dalam sebuah mangkuk. Setelah, digosok secara perlahan pada kulit kaki hingga dirasa cukup. Bilas kaki hingga bersih setelahnya makan kaki akan terasa sangat lembut dan ringan.

<baca juga>

3. Gunakan Shaving Cream Natural Ini Agar Kulit Makin Cantik

Setelah menggosok kaki, aplikasikan shaving cream untuk menghaluskan bulu kaki. Tapi, jika kamu menginginkan shaving cream yang natural, coba saja resep berikut ini !

source: http://www.socialifechicago.com/2016/10/05/beauty-hacks-to-save-money/

Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk hingga merata. Lalu, aplikasikan krim yang sudah jadi pada kulit kaki. Biarkan beberapa menit hingga meresap. Aloe vera akan melembutkan bulu kaki sedangkan coconut oil akan melembapkan kulit sehingga kulit akan terhindar dari luka dan iritasi. Gunakan essential oil apapun sesuai seleramu. Pepermint tentunya akan memberikan efek dingin dan rileks. Lavender akan memberikan efek soothing pada kulit. Tea tree oil akan berkerja sebagai antiseptik sehingga kulit bersih dari bakteri.

4. Jangan Mencukur Area yang Sama Berkali-kali

Selalu cukur bulu kaki dengan arah mengikuti arah tumbuh bulu. Jangan mencukur area yang sama berkali-kali karena justru akan menyebabkan luka. Jika sudah berkali-kali namun area tersebut masih belum bersih, artinya alat cukur perlu diganti. Setelahnya, bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori dan keringkan dengan handuk lembut. Jangan menggosok handuk pada kulit karena akan menyebabkan gesekan yang nantinya akan melukai kulit. 

source: http://thebeautytonic.com
<baca juga>

5. Aplikasikan Moisturizer Pasca Shaving

Setelah mengeringkan kaki, aplikasikan moisturizer untuk menghindari iritasi atau kemerahan yang mungkin akan muncul keesokan harinya. Lagi-lagi, aloe vera akan menjadi moisturizer yang baik bagi si kulit. Kandungannya akan segera menutrisi kulit dan mendinginkan kulit yang terasa gatal dan panas pada bagian dalamnya.

source: http://howtousevinevera.com/get-the-most-out-of-your-wax-vine-vera-reviews/
Bagaimana dengan tips diatas? Semoga membantu ya, Beautynesian!