Serba-Serbi Kulit Kepala Berminyak

Kulit kepala berminyak tentunya membuat rambut terasa lepek, kusam, mengkilap bahkan terkadang juga susah diatur. FYI, hal tersebut memang merupakan proses alami yang diproduksi oleh kelenjar minyak (sebaceous glands). Ketika kelenjar minyak bekerja terlalu keras akan menghasilkan lebih banyak minyak pada kulit kepala. 

Sayangnya, keadaan tersebut bisa memperburuk kondisi rambut dan membuatnya mudah berketombe. Eits, masalah ini juga bisa terjadi karena kebiasaan merawat rambut yang salah, lho. Misalnya, terlalu sering keramas yang membuat kulit kepala kering sehingga merasang kelenjar minyak lebih banyak. Meskipun masalah ini tidak bisa disembuhkan secara permanen, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, kok. Check this out!

1. Menggunakan Shampo Khusus

Kulit kepala berminyak bisa terjadi karena menggunakan produk shampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut. Sebaiknya pilih sampo yang direkomendasikan khusus untuk merawat rambut berminyak. Shampo ini biasanya memiliki formula yang ringan untuk mengatasi masalah produksi minyak yang berlebihan. Atau bisa juga memilih shampo yang mengandung zinc pyrithione atau asam salisilat. Biasanya kandungan ini juga ditemukan di beberapa shampo anti ketombe. 
 

source: http://physicalexercise3.blogspot.co.id/2015/07/the-best-shampoo-for-oily-hair.html
baca juga

2. Menggunakan Kondisioner Hanya pada Ujung Rambut

Banyak wanita yang masih salah mengaplikasikan kondisioner. Produk rambut yang melengkapi shampoo ini digunakan mulai dari pangkal sampai ujung rambut. Namun untuk rambut berminyak cukup gunakan pada ujung rambut saja. Bukan pada seluruh rambut yang membuat kulit kepala semakin berminyak. Kemudian bilas rambut sampai bersih. 
 

source: http://www.wikihow.com/Apply-Conditioner-to-Your-Hair

3. Memakai Dry Shampo

Dry shampoo bisa menjadi penolong disaat rambut berminyak, lepek dan kotor. Shampoo jenis ini dapat menyerap minyak yang berlebihan sehingga membuatnya bersih dan mudah diatur. Dry shampoo juga dapat membuat rambut lebih ber-volume dan menyerap aroma dari minyak yang berlebihan. 
 

source: https://www.influenster.com/article/the-science-behind-dry-shampoo
baca juga

4. Memilih Produk Styling Rambut yang Tepat

Saat ini sudah banyak produk styling rambut yang beredar di pasaran. Untuk itu kamu harus pintar dalam memilih produk yang sesuai dengan kondisi rambut. Pilih produk styling yang belabel “volumizing”. Produk ini biasanya mengandung minyak yang lebih sedikit sehingga tidak membuat rambut lepek. Selain itu hindari juga produk yang menawarkan kilau rambut ekstra atau melembabkan yang biasanya mengandung banyak minyak. 
 

source: http://journal.sociolla.com/top-picks/produk-styling-rambut-yang-bisa-dicoba

5. Menggunakan Bahan Alami

Beberapa bahan alami ternyata cukup ampuh dalam menangani kulit kepala yang berminyak. Kamu bisa menggunakan jeruk lemon. Caranya, peras 1 buah jeruk lemon dan campur dengan air. Kemudian bilas rambut menggunakan campuran tersebut. Bilas kembali rambut menggunakan air hangat sampai bersih. Jeruk lemon ternyata bermanfaat untuk membantu mengurangi produksi minyak yang berlebihan pada kulit kepala. 
 

source: http://hariangadis.com/cara-merawat-rambut/

Itulah beberapa solusi yang bisa kamu coba untuk mengontrol produksi kulit kepala yang berminyak sehingga rambut tidak mudah lepek dan kusam. Cukup mudah bukan untuk dilakukan. Selamat mencoba, Beautynesian!