Selama ini banyak wanita yang hanya fokus dengan mengonsumsi suplemen dan menggunakan produk kecantikan agar tetap terlihat awet muda. Tapi, sebeneranya ada hal yang paling penting dan perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap awet muda, yaitu dengan menjaga pola makan agar tetap sehat. Ketersediaan alam yang cukup melimpah juga mendukung untuk mencegah penuaan dini. Berikut beberapa cara mengatur pola makan yang baik bila kamu ingin tetap terlihat awet muda. 
 

1. Konsumsi Sayuran dan Buah-Buahan

Suggestion untuk mengonsumsi kedua bahan makanan ini tentunya sudah sering didengar. Tapi pada parkateknya, masih banyak yang mengabaikan buah dan sayur. Banyak ahli gizi yang juga menyarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur agar tetap awet muda. Buah dan sayuran mengandung banyak antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Senyawa ini merupakan penyebab kerusakan sel dan berkaitan dengan penyakit kronis. 
 

source: http://www.shutterstock.com/video/clip-4802891-stock-footage-healthy-lifestyle-woman-eating-salad-smiling-happy-outdoors-on-beautiful-day-young-female-eating.html


 

baca juga

2. Mengurangi Asupan Lemak

Buat kamu yang belum tahu, kebutuhan lemak yang diperlukan oleh tubuh itu sekitar 20% dari total kebutuhan kalori tubuh. Bila konsumsi lemak berlebihan bisa menjadi sumber radikal bebas yang tidak baik untuk tubuh. Lemak sehat berasal dari lemak tak jenuh seperti minyak zaitun, ikan, kacang dan biji-bijian. Lemak sehat juga akan membantumu mendapat kulit sehat, cantik dan tetap awet muda.
 

source: http://www.sehatplus.com/tetap-langsing-mengkonsumsi-fast-food.html


 

3. Mengurangi Makanan Manis

Meskipun menghindari makan besar, beberapa orang masih mengandalkan makanan manis seperti jenis kue. Porsinya memang kecil namun kue membuat cepat kenyang. Konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, gula mengandung glycation yang bisa merusak kolagen untuk kulit. Bila kolagen semakin berkurang maka kulit akan mudah mengendur dan tidak kencang. 
 

source: http://www.portalsihat.com/diabetes-kenali-fakta-yang-meragut-kebahagiaan-anda/


 

baca juga

4. Konsumsi Buah Berbagai Warna

Tahukah kamu bahwa warna-warni buah ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh? Konsumsinya juga harus bervariasi seperti merah, orange, hijau dan kuning karena setiap buah dan sayur memiliki jenis antioksidan yang berbeda. Misalnya warna merah pada tomat berupa likopen yang merupakan antioksidan poten. Fungsinya dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 
 

source: http://www.cookingwithsheila.com/1615/warna-warni-pada-buah-dan-sayuran.html


 

5. Porsi Sayuran Lebih Banyak

Selama ini banyak orang yang menyantap sayuran hanya sebagai lalapan. Kamu bisa menggantinya sebagai menu utama pendamping nasi dan daging. Pengaturan ini juga cukup bagus terutama bagi mereka yang menjalankan diet. Sayuran mengandung serat yang membuatmu kenyang lebih lama dan mencegah ngemil berlebihan. Selain itu konsumsi sayur yang lebih banyak membuat kulit lebih sehat dan kecang daripada yang tidak mengonsumsi sayur. 
 

source: http://sehatalamiku.com/5-pilihan-menu-makan-siang-praktis-dan-sehat/