Patuh menjalani program diet namun tidak kunjung memperlihatkan hasil yang signifikan? Mungkin kamu sedang berada di dalam masa plateau. Kondisi stagnan di saat berat badan tak kunjung turun meskipun telah menjaga asupan makanan ini dikenal dengan istilah fase plateau.
 

source: http://wooris.jp/archives/131269


Bagi beberapa orang, fase plateau dapat menimbulkan rasa frustasi sehingga akhirnya menyerah dan menyebabkan naiknya berat badan. Tapi sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk melewati masa-masa ini. Berikut beberapa poin penting yang perlu kamu perhatikan untuk menghadapi masa plateau.
 

(1) Coba Ingat Kembali Apa Tujuan Awal Melakukan Diet


Hal apa yang membuatmu berkeinginan untuk mulai menjalani program diet? Setiap orang tentunya memiliki alasan masing-masing. Ada yang ingin mendapatkan tubuh ideal, atau mungkin ingin memperbaiki bentuk tubuh yang dapat mengganggu penampilan, atau mungkin alasan-alasan lainnya.
 

source: http://corelady.jp/diet30/


Program diet yang terasa semakin menyulitkan terkadang membuat kita lupa tujuan awal melakukan diet. Hal inilah yang kemudian membuat perasaan ingin menyerah sering muncul. Ayo temukan kembali semangat awalmu saat memutuskan untuk memulai diet. Membuat catatan sederhana tentang tujuan serta diet goals juga bisa menjadi tips mudah untuk membakar semangat diri di saat fase plateau.
 

<baca juga>

(2) Apakah Pola Makan yang Dijalani Sudah Tepat?


Tidak sedikit orang yang melakukan pembatasan asupan makanan secara berlebihan saat menjalani. Namun, pola makan seperti ini tidak baik jika dilakukan dalam jangka waktu panjang. Pembatasan asupan makan secara berlebihan dapat menimbulkan perasaan ingin makan ini itu di suatu waktu.
 

source: http://weheartit.com/entry/271964677/search?context_type=search&context_user=agnieszka_rupar_1&query=lunch


Fase stagnan pada saat menjalani diet merupakan masa-masa persiapan bagi tubuh untuk lanjut ke tahap berikutnya. Meskipun dinilai memiliki kalori yang rendah, memilih menu makan tanpa memperhatikan kandungan gizi tidak disarankan. Usahakan untuk memilih menu makan dengan gizi seimbang, dimulai dari karbohidrat, sayuran, serta protein.
 

(3) Apakah Kamu Selalu Mengonsumsi Makanan yang Sama?


Mengonsumsi makanan yang sama setiap harinya dapat menimbulkan rasa bosan. Meskipun dirasa baik untuk tubuh, rasa bosan karena kurangnya variasi makanan dapat menumpuk hingga menimbulkan stres. Pola makan seperti ini sangat mudah membuat tubuh memasuki fase plateau dalam program diet dengan cepat.
 

source: http://g-po.jp/3053/


Jika hari ini kamu memilih menu ayam, maka pilihlah menu ikan untuk keesokan harinya. Buatlah program diet lebih menyenangkan dengan membuat menu baru setiap harinya.
 

<baca juga>

(4) Menambah Frekuensi Olahraga


Berat badan yang tak kunjung turun, bentuk tubuh tidak mengalami perubahan yang berarti, hal-hal seperti ini terkadang membuat kita kehilangan motivasi untuk menjalani diet. Jika pilihan menu serta porsi makanan dirasa cukup, mungkin kamu perlu menambah frekuensi berolahraga.
 

source: http://weheartit.com/entry/265904479/search?context_type=search&context_user=somedayoneday&page=5&query=jogging


Tambahkan menu latihan sedikit demi sedikit dalam akitivitas harian, seperti jogging ataupun sekedar berjalan kaki. Dengan meningkatnya konsumsi energi tubuh, maka fase plateasu saat masa diet dapat dilewati dengan mudah.
 

(5) Perbaiki Kebiasaan


Waktu serta kualitas tidur berperan penting dalam program diet. Hal ini dikarenakan tubuh juga dapat membakar kalori meskipun dalam keadaan tidur. Namun bukan berarti kamu tidur dalam jangka waktu yang lama untuk membakar lebih banyak kalori. 
 

source: http://weheartit.com/entry/268132836/search?context_type=search&context_user=isafer99&page=3&query=good+sleep


Waktu ideal untuk tidur yang berkualitas adalah sekitar 6-7 jam. Pada saat tidur tubuh akan melepaskan hormon pertumbuhan yang dapat membantu penguraian lemak sehingga lebih mudah untuk dibakar. Pastikan untuk membuat tidurmu berkualitas setiap harinya ya!