So, we are a little bit flashing back to the 2015's skincare trend. Yup, tren multi-masking ini sudah menjadi populer dan sangat booming pada tahun 2015 lalu. Buat kamu yang belum tahu, multi-masking adalah teknik menggunakan beberapa jenis masker sekaligus pada area wajah yang berbeda untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit di seluruh area wajah. In fact, kamu memang harus merawat area wajahmu differently sesuai dengan kebutuhannya masing-masing dan tidak bisa kamu sama ratakan. 

Why we should do multi-masking? Karena area wajah memiliki permasalahan yang berbeda. Misalnya, area T - Zone cenderung berminyak, tapi di area wajah yang lain terasa kering. Atau, beberapa area seperti pipi dan dagu sering terserang jerawat sementara bagian wajah lainnya tidak. Nah metode ini memungkinkanmu untuk merawat berbagai macam permasalahan kulit secara efektif.

Sebagai contoh kasusnya, apakah kamu pernah menggunakan peel off mask dan seluruh komedo di hidungmu terangkat sempurna tapi area pipimu menjadi kering? Yup, hal itu bisa saja terjadi karena formula masker peel off terlalu keras untuk area pipimu, walaupun di lain sisi ia bisa sangat ampuh mengangkat komedo di hidung. Nah maka dari itu, sebaiknya kamu mulai menerapkan teknik multi-masking ini. 

Tapi, bagaimana caranya untuk mengetahui jenis masker yang tepat untuk digunakan? Ini dia empat kombinasi multi-masking yang bisa kamu coba untuk mengatasi berbagai permasalahan kulitmu. 
 


Masker #1: Mencerahkan Kulit Kusam dan Mengencangkan Garis Halus
 

source: http://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/a34122/multi-masking-skin-care-trend/


Garis halus, kantung mata yang bengkak, dan kulit kusam merupakan tanda-tanda premature aging akibat kurang tidur atau keadaan lingkungan yang buruk. Untuk mengatasi permasalahan kulit ini, kamu membutuhkan masker yang bisa mem-boost up regenerasi sel kulit agar kulit menjadi cerah dan mencari yang melembapkan agar kulitmu bisa kembali kencang. Karena itu, masker dengan kandungan vitamin C sangat baik untuk mencerahkan area kulitmu yang kusam juga masker yang dapat mengencangkan kulit untuk area mata dan pipi yang terdapat garis halus. 
 

baca juga


Masker #2: Untuk Kulit Kombinasi (Berminyak dan Kering)
 

source: http://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/a34122/multi-masking-skin-care-trend/


Kalau kamu memiliki kulit kombinasi yang berminyak di area T-zone (hidung, dagu, dahi) tapi area pipimu kering,  kamu harus menggunakan beberapa macam produk masker sesuai kebutuhan kulitmu. Untuk area kulit yang kering, gunakan masker yang mengandung moisturizer tinggi, dan untuk area yang berminyak pilihlah masker dengan kandungan salicylic acid, clay, atau charcoal. 
 


Masker #3: Untuk Kulit Sensitif dan Iritasi
 

source: http://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/a34122/multi-masking-skin-care-trend/


Banyak wanita mengalami warna kemerahan hanya pada area pipi karena iritasi sedangkan area wajah lainnya tidak bermasalah. Untuk mengatasinya, gunakan masker dengan shooting ingredient seperti chamomile dan aloe vera yang bisa mengandung anti-inflamasi dan menghilangkan iritasi di area pipi. Lalu, gunakan masker yang bernutrisi pada area T-zone agar area kulitmu lainnya tetap halus dan sehat. 
 

baca juga


Masker #4: Untuk Kulit yang Lelah Akibat Stres 
 

source: http://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/a34122/multi-masking-skin-care-trend/


Nah buat kamu yang mengatasi kulit kusam, kasar, dan kering akibat stres, kamu bisa mencoba menggunakan masker yang memiliki antioksidan tinggi dan hyaluronic acid di area kulit yang kering dan kasar. Lalu jika kamu memiliki masalah dengan bekas jerawat, coba gunakan masker yang mengadung salicylic acid dan benzoyl peroxide untuk memudarkan noda jerawat. 

 

Nah bagaimana Beautynesian tentang metode multi-masking ini? Cukup efektif bukan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulitmu? Nah buat kamu yang ingin mencoba multi-masking ini di rumah, beberapa brand skincare sudah mengeluarkan beberapa produknya yang memang dirancang untuk multi-masking ini seperti Innisfree Capsule Mask dan The Body Shop Superfood Mask. Dare to try?