Bawang Putih
 

source: http://www.well-beingsecrets.com/health-benefits-of-garlic/


Walaupun bisa menyebabkan bau yang tidak sedap pada mulut, bawang putih sangat baik untuk mencegah kanker lho. Tahukah kamu kalau kandungan sulfur yang menjadi biang bau itu ternyata bisa memperbaiki sel DNA yang rusak dan membunuh sel kanker? Selain itu, bawang putih yang memiliki antibacterial properties juga bisa melawan bakteri, termasuk H. pylori sehingga bisa menurunkan risiko kanker kolorektal di usus besar. Lalu, keluarga bawang-bawangan yang lain seperti bawang merah, daun bawang, dan bawang bombay juga telah terbukti bisa mencegah kanker perut. 
 


Tomat
 

source: http://timesofindia.indiatimes.com/business/india-business/Tomato-sliced-out-of-McDonalds-burgers/articleshow/53218786.cms


Pewarna merah yang terkandung di dalam tomat selain membuat tomat terlihat menggugah tetapi juga menjadikan tomat sebagai potential weapon untuk memerangi kanker prostat. Warna merah itu berasal dari phytochemical yang bernama lycopene, sumber dari antioksidan tinggi yang terdapat pada tomat. Sudah ada banyak uji laboratorium yang menyatakan bahwa lycopene sangat ampuh untuk mengentikan sel kanker untuk berkembang seperti kanker payudara, dada, dan endometrial. 
 

<baca juga>


Strawberry
 

source: http://www.bbcgoodfood.com/glossary/strawberry


Penelitian terkini menyebutkan bahwa ekstrak berry mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker lho, terutama ekstrak strawberry dan raspberry hitam. Nah ternyata kandungan antioksidan yang tinggi dari vitamin C dan ellagic acid yang terkandung di dalam strawberry ini lah yang menjadikan strawberry salah satu makanan anti-kanker. Ellagic acid bekerja dengan menghancurkan sel-sel yang menyebabkan kanker dan memperlambat tumor. Selain itu, strawberry juga mengandung flavonoids yang menekan zat yang menghancurkan sel DNA dan juga membantu mencegah kanker paru-paru. Karena itu, mengonsumsi strawberry secara rutin bisa menghindari kamu dari penyakit kanker. 
 


Wortel
 

source: https://draxe.com/carrot-juice/


Salah satu sayuran yang mudah ditemukan di mana-mana ini ternyata dipenuhi oleh nutrisi yang bisa memerangi berbagai penyakit. Kandungan beta karoten yang merupakan sumber antioksidan disebut para ahli sebagai pelindung sel membran dari kerusakan yang disebabkan oleh racun, serta memperlambat pertumbuhan sel HPV penyebab kanker. Plus, wortel juga kaya akan vitamin dan phytochemicals yang bisa melindungimu dari bahaya kanker mulut, esophagus, dan kanker perut lho. Kamu bisa memakan wortel ini secara mentah atau kamu masukkan ke dalam menu makananmu sehari-hari. 

 

<baca juga>


Brokoli
 

source: http://food.ndtv.com/lists/10-best-broccoli-recipes-731246

Nah kalau sayuran yang satu ini mengandung phytochemical sejenis glucosinolates yang membantu produksi enzim yang bisa melindungi tubuhmu dari sel kanker. Salah satu enzim pelindung yang paling banyak ditemukan di brokoli adalah sulforaphane yang memiliki andil besar dalam melindungi tubuh dari kanker. Jenis sayuran lainnya seperti kembang kol, kubis, dan kol juga mengandung sejenis zat yang sama, jadi kalau kamu sedang mencari variasi sayuran yang mampu melindungimu dari penyakit kanker, kamu bisa mencoba jenis sayuran ini.