Garam
 

source: http://www.ngs.co.uk/

Meski rasa masakan akan kurang lengkap tanpa garam, justru makanan dengan kadar garam tinggi akan cepat membuat tubuhmu jadi dehidrasi. Selain itu, kulit juga akan menjadi kering dan membuat wajahmu lelah karenanya. Oleh karena itu, sebagai alternatif gunakan garam rendah sodium dan konsumsi makanan yang memiliki banyak rempah-rempah ketimbang garam.
 

Pemanis Buatan
 

source: http://i66.tinypic.com/

Pemanis buatan biasanya mengandung aspartam, which is bahan pemanis buatan yang terkait dengan penyakit nyeri sendi, dan membuat seseorang  menginginkan lebih banyak gula. Wajahmu akan jadi lebih puffy! Makanya, pilih gula alami yang baik seperti yang berasal dari buah-buahan.
 

Minuman Beralkohol
 

source: https://www.nasionalisme.co/


Lebih dari segelas anggur yang kamu minum akan membuatmu dehidrasi. Dampaknya, kulit menjadi kering dan menjadi kusam. Jika agak sulit untuk menghindari alkohol, cobalah untuk minum alkohol dibarengi minum air sehingga kamu tidak terlalu terdehidrasi.
 

Goreng-Gorengan
 

source: https://static01.nyt.com/


No more fried chicken, french fries, dan fritter dalam menu makananmu! Sebab, makanan tersebut merupaka musuh bagi kulitmu. Minyak dan lemak trans akan menyumbat arteri dan membuat sel darah menjadi kaku. That's why, hal ini membuat kulitmu terlihat kusam dan lelah.
 

Karbohidrat
 

source: http://goqii.com/


Yap, kelebihan karbohidrat akan merusak kolagen dalam kulitmu! Selain itu, tak hanya membuat kulitmu terlhat lelah, tubuhmu juga akan merasa kelahan. Mengurangi karbohidrat bisa menjadi solusinya. Misalnya, makan sandwich dua kali dalam seminggu dan menambah porsi sayuran.
 

Donat
 

source: http://www.smart-restaurants.co.uk


Donat merupakan makanan yang mengandung banyak gula serta diproses dengan cara digoreng. Jelas bahwa makanan ini sangat tidak baik untuk kesehatan kulitmu dan membuat wajah dan tubuh menjadi sangat lelah. 
 

Permen
 

source: https://i.kinja-img.com/


Lonjakan insulin dan penurunan insulin secara cepat dapat terjadi jika kamu mengkonsumsi permen. Kamu akan merasa cepat letih setelah mengonsumsinya. Selain itu, kulit wajah juga ikut terlihat kusam dan puffy di area sekitar mata. Yap, kurangi saja konsumsinya agar kamu tak terlalu ketergantungan pada rasa manisnya.
 

Daging Merah
 

source: http://www.healthnewsline.net


Eits, bukan berarti harus menghindari daging merah ya! Sebenarnya, daging merah masih baik kok kalau konsumsinya sekali dalam seminggu. Senyawa karnitin dalam daging merah akan membuat pembuluh darah mengeras. Akibatnya, sirkulasi darah juga jadi terhambat dam membuat kulit terlihat letih.
 

Daging Beku Olahan
 

source: http://www.delihalal.com


Bahan pengawet dalam daging olahan beku ternyata dapat membuat peradangan kulit, lho. Selain itu, daging olahan beku cenderung kurang sehat dibandingkan dengan daging segar. Yaps, minus pengawet!
 

Makanan Pedas
 

source: http://images.askmen.com/


Makanan pedas memang baik bagi metabolisme tubuh, namun tidak ideal untuk kecantikan kulitmu. Sebab, kulit akan menjadi teriritasi, sehingga menyebabkan warna kulit tidak merata dan lebarnya pembuluh darah. Hal itu juga akan membuat kulit menjadi lebih tua dan membuatmu menjadi lelah.