Gara-gara drama Korea, tentu kamu jadi terbayang-bayang dengan kelezatan masakan yang selalu di tampilkan di dalamnya bukan? Eits, jangan ngaku penggemar masakan Korea jika kamu tak tahu bahkan belum mencoba masakan tradisional Korea berikut. Sangat lezat dan menggugah selera!
source: http://31.media.tumblr.com/

Samgyetang (Chicken Gingseng Soup)
 

source: https://cdn.theculturetrip.com


Hidangan ini umumnya dimakan saat musim panas. Ya, orang Korea berprinsip memakan makanan panas di saat cuaca sedang panas-panasnya. Hal tersebut ditujukan untuk meingkatkan stamina yang hilang akibat panas. Sup tradisional ini terbuat dari ayam, bawang putih, beras, bawang daun, jujube Korea, gingseng serta rempah-rempah. Semua bahan tersebut memiliki gizi yang sangat tinggi dan menyehatkan, serta lezat dengan kuah kaldu daging ayam yang creamy dan lezat.
 

<baca juga>

Soondae (Sosis Darah)
 

source: https://cdn.theculturetrip.com


Soondae, atau biasa dieja sebagai sundae, merupakan makanan Korea yang terbuat dari usus babi yang diisi beberapa bahan seperti mie, darah daging babi, dan barley. Makanan ini memiliki versi penyajian yang berbeda di tiap provinsi atau kota di Korea Selatan. Rasanya yang lembut, serta teksturnya menciptakan rasa yang cukup unik.

 

Naengmyeon (Cold Buckwheat Noodles)
 

source: https://cdn.theculturetrip.com


Hidangan mie dingin yang satu ini banyak diminati oleh penduduk Korea saat musim panas. Umumnya, mie tipis dan panjang ini disajikan dengan irisan mentimun, pir Korea, irisan daging sapi, dan telur rebus. Mie nya sendiri dibuat dari campuran buckwheat, kentang, dan ubi jalar, atau bahan lain seperti arrowroot dan kudzu, tergantung dari jenis naengmyeon yang disajikan.
 

<baca juga>

Hobakjuk (Bubur Labu)
 

source: http://instagram.com


Bubur labu Korea yang satu ini merupakan hidangan yang populer untuk sarapan, lho Beautynesian. Bubur ini terbuat dari labu kukus dan beras ketan yang telah direndam dalam air. Meskipun penampilannya sederhana, makanan ini sangat baik untuk orang-orang yang sedang tidak sehat dan tidak bisa makan banyak. 

 

Haemul Pajeon (Seafood Vegetable Pancake)
 

source: http://instagram.com

Martabak ala Korea ini terbuat dari bawang daun, telur, tepung terigu dan tepung beras. Eits, tapi yang bikin makanan ini tidak biasa adalah tambahan seafood segar yang dicampur di dalamnya speerti tiram, udang, cumi-cumi dan kerang. Oleh karena itu, tekstur makanan ini seperti martabak yang chewy, Yummy!
 

Seolleongtang (Ox Bone Soup)

source: https://cdn.theculturetrip.com


Sup tradisional Korea ini terbuat dari daging dan tulang sapi, serta brisket. Bumbunya pun sederhana, hanya garam, lada hitam, cincangan daun bawang dan bawang putih cincang. Yang bikin makanan ini makin nikmat adalah kuahnya yang milky dan gurih, sehingga cocok dimakan bersama nasi. Makanan ini banyak ditemukan di sebagian besar restoran di Korea loh.
 

Soondubu Jiggae (Soft Tofu Stew)
 

source: http://cdn1.koreanbapsang.com

Sup tahu pedas ini bisa disajikan dengan mangkuk batu besar. Umumnya, masakan ini terbuat dari tahu, sayuran, jamur, seafood, daging sapi maupun babi dan gochujang (pasta cabai). Terkadang, varian isi dari masakan ini berbeda-beda di setiap provinsi, namun untuk menambah kenikmatannya, sebutir telur mentah yang direbus dalam kuah pedas panas ini ditambahkan.