source: http://lionesse.net/get-your-most-glamorous-lashes/


Tanpa Kamu Sadari, Maskaramu Telah Expired

Ini dia kesalahan fatal yang tidak sering disadari oleh para beauty enthusiast. Jika kamu merasa formula maskaramu telah menggumpal, bisa jadi maskaramu itu sudah kadaluwarsa. Segera cek expired date pada packaging maskaramu. Jika tidak tercantum tanggal expired-nya, coba ingat-ingat kapan kamu membeli maskara tersebut. Kalau sudah lebih dari enam bulan, sebaiknya kamu membuang maskaramu itu dan menggantinya dengan yang baru. Sebab tidak hanya menggumpal, maskara expired juga merupakan sarang bakteri yang bisa menyebabkan infeksi mata. Ingat ya umur ideal maskara itu adalah enam bulan setelah dibuka, jadi sebaiknya beli maskara yang baru jika sudah terlalu lama. 


Menggunaakan Maskara yang Terlalu Banyak 

Dua layer maskara is still fine. Tapi jika kamu menggunakannya lebih dari dua lapis, tidak heran kalau bulu matamu terlihat menggumpal dan tidak natural. Jika sudah terlanjur, segera ambil sisir bulu mata untuk memisahkan bulu mata yang menggumpal dan jepit bulu matamu menggunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk menghilangkan kelebihan maskara yang menggumpal


Tidak Membersihkan Sisa Maskara Sebelumnya dengan Benar

Sisa-sisa mascara sebelumnya yang masih tertinggal di bulu mata juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa maskaramu bisa menggumpal. Bisa jadi kamu tidak mengunakan water-proof eye makeup remover, atau kamu memang membersihkan maskaramu hanya dengan mencuci wajah. Nah untuk menghindari masalah mascara yang menggumpal karena kotor ini sebaiknya kamu harus benar-benar memperhatikan kebersihan bulu matamu sebelum mengaplikasikan maskara.  
 
 
Brush yang Over-Packed
 
Brush mascara yang telah dipenuhi dengan formula mascara yang mengering pastinya bisa membuat hasil maskaramu menggumpal ketika disapukan. Pastikan terlebih dahulu wand dari maskaramu terbebas dari formula yang menepel dan rajin-rajinlah membersihkannya menggunakan tisu kering.
 
 
Tidak Menggoyangkan Wand ketika Mengaplikasikan Maskara
 
Untuk hasil mascara yang intens dan juga bebas dari clump ternyata ada tekniknya lho. Letakkan wand sedekat mungkin dengan pangkal bulu mata dan goyangkan wand-nya selagi kamu menyapukan maskaranya ke atas. Trik ini akan menciptakan hasil maskara full coverage yang lebih merata dan terbebas dari gumpalan yang tidak diinginkan.