Banyak orang mulai menyukai teh hijau, entah sekedar mengikuti tren atau memang ingin mendapatkan manfaat penting dari green tea. Berbeda dengan teh hitam, teh hijau tidak melalui proses fermentasi.

Dalam proses ini mengakibatkan teh hijau memiliki kandungan penting yaitu katekin yang merupakan jenis antioksidan. Kandungan tersebut dapat berperan dalam melawan radikal bebas dan membantu memperbaiki sel yang rusak. 
 

source: http://www.cosmopolitantoday.com/



Khasiat Minum Teh Hijau 

Berbagai penelitian juga sudah banyak menyebutkan tentang khasiat teh hijau. University of Maryland Medical Center juga melaporkan bahwa teh hijau dapat membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker yang terdapat pada payudara, prostat dan perut. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan katekin dalam polifenol yang membantu mencegah kanker.

Khasiat lainnya, teh hijau berperan dalam menjaga kadar kolesterol baik. Polifenol yang terdapat pada teh hijau dapat menurunkan kolesterol secara keseluruhan dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).
 

source: http://www.stylecraze.com/
baca juga



Bagaimana dengan Penurunan Berat Badan?

Sebuah studi juga menyebutkan bahwa rutin minum teh hijau dapat membantu menurunkan indeks masa tubuh. Dalam hal ini kandungan polifenol pada teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Keadaan tersebut membuat tubuh lebih cepat mengubah makanan menjadi energi sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu teh hijau dapat mengaktifkan thermogenesis atau proses pembakaran lemak dalam membantu mengatasi berat badan yang berlebihan. 
 



Cara Menikmati Teh Hijau yang Tepat 

Meskipun kandungan caffein-nya lebih rendah daripada teh hitam, namun bukan berarti kamu bisa mengonsumsi teh hijau secara berlebihan. Teh hijau bersifat deuretik sehingga bisa menyebabkan dehidrasi.

Sebaiknya seduh teh hijau dengan air yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Bila terlalu panas teh hijau terasa pahit dan bila terlalu dingin justru larutannya akan pecah. Seduh teh hijau dengan air panas sekitar 60-90 derajat celsius atau tidak dengan air mendidih.

Konsumsi teh hijau yang paling baik maksimal 2 kali dalam sehari. Untuk mendapatkan khasiat yang optimal seperti kandungan antioksidan, sebaiknya teh hijau tidak dikonsumsi bersama gula, krim ataupun susu. Tambahan tersebut justru akan meningkatkan jumlah kalori pada tubuh.
 

source: http://www.idiva.com/
baca juga



Waktu Terbaik untuk Minum Teh Hijau

Sore hari merupakan waktu yang tepat untuk menikmati teh hijau. Namun, teh hijau juga bagus dikonsumsi setelah makan untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah masalah pencernaan.

Kamu juga tidak dianjurkan untuk minum teh hijau dalam keadaan perut kosong. Bila tidak terbiasa tentunya dapat menyebabkan mual. Minum teh hijau di pagi hari sebaiknya 30 menit setelah sarapan. Hal ini untuk membantu melancarkan pencernaan. 
 


Yap, teh hijau memang membantu menurunkan berat badan. Namun, sebaiknya perhatikan seberapa sering yang dianjurkan dan jangan berlebihan. Kamu juga tidak dianjurkan hanya mengandalkan teh hijau untuk pembakaran lemak. Imbangi juga dengan makan makanan sehat serta olahraga secara teratur ya, Beautynesian!