Sama halnya seperti kulit, rambut juga bisa mengalami penuaan. Tak hanya muncul uban, tanda penuaan rambut lainnya dapat dirasakan mulai dari rambut kusam, kasar dan tak bercahaya. Well, tak perlu merasa paranoid dulu. Kita masih bisa kok menghindari penuaan pada rambut kok dengan merawatnya agar tetap indah sampai hari tua. Tips berikut ini bisa kamu andalkan.
 

source: http://www.onegoodthingbyjillee.com/


 

  • Rambut sehat dimulai dari makan makanan yang sehat. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk meningkatkan kesehatan rambut, konsumsi banyak protein rendah lemak dan minum banyak air. Kamu bisa juga mengonsumsi suplemen vitamin C, vitamin E, vitamin B7 dan B3 untuk memberi nutrisi esensial rambut.
source: http://www.onegoodthingbyjillee.com/
  • Trim your hair, terutama pada bagian bawah rambut yang terlihat rusak dan bercabang setiap 6-8 minggu sekali. Supaya rambut terlihat tetap sehat saat semakin bertambah panjang. Kamu bisa juga memilih potongan rambut yang dapat membuat rambut lebih tebal.
baca juga
  • Hindari penggunaan bahan kimia pada rambut seperti melakukan bleaching, rebonding, atau pewarnaan. Hal itu membuat rambut lebih kaku dan kering, serta akan membuatnya pecah-pecah.

 
source: http://www.onegoodthingbyjillee.com/
  • Mandilah menggunakan air dingin. Sebab, menggunakan air yang terlalu panas untuk mandi maupun membilas rambut akan menyebabkan rambut kehilangan minyak naturalnya.
  • Sebisa mungkin, hindari penggunaan produk hold styling hair seperti hair spray maupun hair gel. Instead, gunakan aloe vera gel yang lebih alami agar rambut lebih shiny serta menahan bentuk rambut secara alami dan sehat.
  • Kurangi panas saat menggunakan alat styling rambut dan hindari teknik styling rambut yang terlalu agresif. Seperti saat mencatok rambut, terlalu kencang menarik rambut ke belakang dapat merusak folikel rambut.
  • Jangan keramas terlalu sering, karena akan menghilangkan minyak alami rambut yang justru baik untuk menjaga kesehatan rambut. Untuk mengatasi saat rambut cepat berminyak, pakai dry shampoo untuk membuat rambut tetap terlihat segar dan bersih.
  • Saat keramas, rambut yang masih basah akan sangat rapuh. Makanya, keramas dengan gerakan memijat yang lembut sangat dianjurkan. Sisir rambut sebelum keramas, kemudian biarkan rambut mengering dengan sendirinya dan serap air pada rambut menggunakan handuk kering.
source: http://www.onegoodthingbyjillee.com
 
  • Eksfoliasi kulit kepala adalah kunci membuat rambut dan kulit kepala terasa lebih sehat, fresh dan wangi. Untuk hasil terbaik, gunakan scrub khusus kulit kepala yang mengandung sea salt untuk menghilangkan residu pada rambut dan kulit kepala.
  • Jangan lupa untuk memberi kelembapan rambut setelah habis keramas. Setiap jenis kondisi rambut seseorang berbeda-beda, jadi pastikan pelembap yang baik untuk rambutmu. Paling baiknya, gunakan leave-on conditioner sehabis keramas agar rambut tak kehilangan kelembapannya setelah mengering.
baca juga
  • Faktanya, setiap orang akan kehilangan 100 helai rambut perharinya. Hal tersebut memang masih wajar, namun seiring bertambahnya usia, hal tersebut bukanlah sesuatu yang baik, mengingat folikel rambut akan membuat batang rambut semakin mengecil dan membuatnya makin tipis. Maka dari itu, rajin-rajinlah melembapkan rambut dengan melakukan hair mask rutin dan memberi essential oil yang berguna untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut.
 
  • Saat usia makin bertambah, munculnya rambut putih pasti tak dapat terhindarkan. Umumnya, pada usia awal 30-an dan saat umur 50-an, dimana pigment hitam rambut berhenti berproduksi. Jika nantinya kamu memutuskan untuk mewarnai rambut, pilih gaya rambut berwarna yang memiliki highlight kontras. Hal ini akan membuat warna rambut terlihat lebih natural ketimbang memilih untuk mengecat warna seluruh rambut.