source: https://insideoutstyleblog.com/2015/04/easy-style-guide-to-the-best-pants-for-your-body-shape.html?utm_source=feedburner&utm_medium=twitter&utm_campaign=Feed:+com/QpLi+(Inside+Out+Style)&utm_content=FaceBook


I Shape

Jika kamu memiliki bentuk tubuh yang cenderung rata, kamu harus memilih jenis celana yang bisa memberikan ilusi curve untuk tubuhmu. Celana dengan sedikit cutting rempel atau lipatan di daerah pinggul dan paha bisa membuat tubuhmu lebih curvy. Pilih juga bahan celana yang ringan dan tipis agar celanamu tidak terkesan puffy. 


V Shape

Pemilik tubuh V shape ini terlahir dengan bahu yang lebih lebar dibandingkan pinggulnya. Karena itu, bagi kamu yang memiliki bentuk tubuh ini harus memilih celana yang bisa menyeimbangkan lebar pinggul dengan bahumu agar terlihat proporsional. Bentuk celana yang lebar di bagian bawah seperti cullote pants bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk mensejajarkan bahu dan pinggulmu. 


H Shape

Yang dikatakan H shape di sini adalah mereka yang memiliki lebar bahu dan pinggul yang sama tapi tidak memiliki lekukan pada area pinggul. Karena itu, pilihlah celana dengan model yang lurus untuk mengikuti bentuk tubuhmu itu. Aksen dan cutting yang berlebihan hanya akan membuat pinggulmu terlihat lebih besar. 


A Shape

Nah kalau kamu memiliki pinggul dan paha yang lebih lebar dari bahumu tapi masih terlihat curvy di bagian pinggul, maka kamu termasuk ke dalam golongan ini. Untuk menutupi pinggul yang besar ini, sebaiknya kamu menghindari celana yang memiliki banyak aksen atau rempel di bagian pinggul karena hanya akan membuat pinggulmu terlihat lebih besar. Celana dengan desain simpel di bagian pinggul dan juga model bootleg atau cutbray akan menyeimbangkan pinggulmu yang besar. 


X Shape

Kamu harus bersyukur jika memiliki bentuk tubuh ideal ini. Pinggul yang sejajar dengan bahu, dan lekukan pinggang yang define pastinya membuatmu terlihat berkali-kali lipat lebih flattering. Bassically, bentuk tubuh ini cocok dengan segala jenis celana, tapi model celana lurus, sedikit flare, atau bootcut akan terlihat sangat bagus di badanmu.


O Shape   

Untuk bentuk tubuh bulat ini, sebaiknya hindari model celana yang flare ataupun lebar di bagian bawah. Model celana yang slim fit will work best for this body type. Celana yang ngepas badan ini akan membuat ilusi tubuh dan perut yang lebih kecil. Selain itu, kenakan juga atasan dengan model panjang yang menutupi perut juga bisa menutupi kelebihan size di bagian perutmu.  


8 Shape

Model tubuh ini hampir mirip dengan X shape. Bedanya, pemilik tubuh 8 shape dikaruniai bokong yang lebih besar. Again, celana dengan model yang membesar di bagian pinggul bisa menjadi penyelamatmu untuk menutupi bokong yang besar dan cari juga celana dengan model lurus ataupun bootcut. 


Petite

Lasty, pemilik tubuh yang mungil sangat cocok dengan celana slim fit. Model celana yang fitly wrap your legs akan memberikan ilusi kaki yang lebih slim dan jenjang. Pilih juga bahan celana yang tipis karena celana yang thick hanya akan membuat kakimu lebih besar sehingga badanmu akan terlihat lebih pendek.