Terkadang, saat merasa terlalu kenyang atau tak sempat menghabiskan makanan, kulkas-lah yang menjadi harapan untuk menjaga sisa makanan agar tetap segar dan lezat saat ingin dikonsumsi kembali. Nyatanya, beberapa bahan makanan berikut memiliki jangka waktu penyimpanan maksimal saat disimpan di dalam kulkas lho. Lalu, dengan acara apa untuk tetap menjaga nutrisinya agar baik diserap tubuh? Scroll down!

 

1. Olahan Sayuran dan Buah
 

source: http://41.media.tumblr.com/


Jenis makanan olahan sayur dan buah seperti misalnya salad sayur, tumis kangkung, cah sayuran, atau salad buah seharusnya dihabiskan pada saat masakan tersedia. Sebab, membiarkan olahan sayur dan buah selama berjam-jam pada suhu ruangan justru akan melipat gandakan jumlah bakteri. Bila disimpan keesokan harinya, selain kandungan nutrisi saja yang menghilang dari sayur dan buah, makanan yang sudah tercemar bakteri tersebut berpotensi menimbulkan penyakit seperti mual, diare, bahkan keracunan makanan.
 


2. Olahan Daging dan Ikan
 

source: http://pleasantkitchen.com/

Jangka waktu terbaik menyimpan olahan makanan seperti daging dan ikan adalah maksimal 2 hari di dalam kulkas. Meski berkat bantuan kulkas, olahan bahan makanan tersebut bisa awet lebih lama dan pertumbuhan bakteri menjadi lamban, nyatanya kesegaran makanan tersebut akan berangsur-angsur berkurang. Ditambah lagi, cita rasanya asli dari olahan makanan tersebut akan berkurang. Terutama daging, karena akan jadi semakin alot.
 


3. Olahan Telur
 

source: https://atebyatescrapbooking.files.wordpress.com


Begitu juga dengan telur, jarak waktu yang paling lama untuk menyimpan makanan olahan telur adalah 3 hari di dalam kulkas. Menyimpannya terlalu lama akan membuat tekstur dan rasa telur menjadi tidak baik. Perlu kamu tahu, telur merupakan bahan makanan yang cepat membusuk setelah dibuka dari cangkangnya, jadi segera habiskan sebelum tenggat waktunya ya!

 


4. Olahan Seafood
 

source: http://mustseeplaces.eu/


Makanan olahan seafood juga memiliki batas waktu maksimal menyimpan makanan yakni  2 hari di dalam kulkas. Melebihi batas waktu tersebut akan membuat rasa seafood tidak lagi segar. Bahkan, bahan makanan populer seafood seperti kerang, tiram, kepiting dan sebagainya akan mengeluarkan lendir kental yang membuat rasa dan  aroma masakan menjadi rusak karenanya.
 


5. Olahan Keju Keras
 

source: http://sundaypasta.com/


Lain halnya dengan olahan makanan berbahan dasar keju keras. Masa penyimpanan terbaiknya adala 3-4 minggu. Keju merupakan bahan makanan hasil fermentasi yang artinya memiliki daya tahan lebih lama dengan jenis bahan makanan lain. Namun perlu diingat, membiarkan keju terlalu lama dalam kulkas akan membuat rasanya menjadi hambar dan teksturnya semakin mengeras.  Oleh karena itu , sebaiknya simpan keju tak melebih dari sebulan setelah kemasannya dibuka.
 

Menurut pakar diet terdaftar asal New Jersey, Jacqueline Gomes, sebagaimnna dilansir dari Fox News, bakteri penyebab penyakit dapat tumbuh dalam makanan dalam waktu dua jam di dalam suhu ruangan. Maka dari itu, pastikan bakteri dan kuman tak mencemari makanan dengan cara memanaskan makanan tersebut hingga 75 derajat celsius sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Hal yang sama juga berlaku jika sisa makanan tersebut akan dikonsumsi kembali menurut rekomendasi Departemen Pertanian US (USDA).