Apakah Kamu Sering Merasakan Pegal Pada Leher & Bahu?

Postur tubuh yang bungkuk, kurang olahraga, atau bahkan berada di dalam posisi yang sama selama berjam-jam dapat membuat otot menjadi kaku. Hal inilah yang kemudian menimbulkan rasa pegal-pegal pada leher ataupun bahu.

source: https://health-more.jp/news/detail/163

Pada kondisi normal, bentuk tulang leher melengkung ke arah belakang. Namun seiring dengan meningkatnya frekuensi penggunaan smartphone ataupun laptop, kini semakin banyak orang yang mengalami perubahan postur. Penggunaan smartphone yang berlebihan dapat membuat postur tubuh condong ke depan (bungkuk), sehingga membuat tulang leher yang sebelumnya melengkung perlahan berubah menjadi lurus (straight neck).

source: http://weheartit.com/entry/270508414/search?context_type=search&context_user=sirazetdinova96&page=8&query=work

Hilangnya bentuk lengkungan leher atau yang dikenal dengan sebutan straight neck syndrome ini dapat menambahkan beban bagi tulang belakang. Hal ini dikarenakan bentuk tulang leher yang lurus justru akan memberikan beban kepala pada tulang belakang secara langsung.

Jika hal ini dibiarkan terus menerus maka akan mempengaruhi sirkulasi darah dalam tubuh. Buruknya sirkulasi darah membuat pendistribusian oksigen dan nutrisi terganggu, sehingga rentan terkena sakit kepala, tubuh mudah lelah, bahkan terganggunya kesehatan kulit.

Ayo Coba Towel Stretching!

Sesuai dengan namanya, latihan peregangan ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan 1 helai handuk. Stretching sederhana ini bisa kamu praktekkan sendiri di rumah, gerakannya cukup sederhana namun efektif untuk mengatasi leher dan bahu yang pegal. 

Ada berbagai macam variasi gerakan dalam towel stretching, berikut beberapa gerakan simple yang bisa kamu coba.

Gerakan ①

  1. Gulung handuk menyerupai tali, lingkarkan di kepala (di atas kuping) seperti head band, pegang ujung handuk.
  2. Lemaskan leher dengan posisi kepala melihat ke arah depan, tarik perlahan handuk ke kanan dan ke kiri.
source: http://proidea-shop.com/note/health/313

Gerakan ②

  1. Pegang handuk dengan kedua tangan, lingkarkan di kepala dengan posisi ujung handuk berada di depan.
  2. Lemaskan leher, tarik handuk secara perlahan ke arah bawah sehingga posisi kepala menunduk. Tarik nafas saat posisi kepala tegak, buang nafas perlahan sambil menarik handuk ke arah bawah.
     
source: http://proidea-shop.com/note/health/313
Gerakan ③
  1. Berdiri dengan posisi bahu sejajar, tegakkan punggung. Pegang kedua ujung handuk.
  2. Angkat kedua tangan di atas kepala sambil mengambil nafas, pastikan handuk dalam keadaan terbentang.
  3. Buang nafas sambil menurunkan tangan hingga posisi handuk kira-kira sejajar dengan bahu.
source: http://lbr-japan.com/2013/12/13/30796/

Kamu juga bisa melakukan variasi untuk gerakan di atas dengan mengarahkan handuk ke kanan, kiri, depan, dan belakang seperti berikut.

source: https://health.goo.ne.jp/column/fitness/f001/0050.html

Towel stretching bisa kamu lakukan di rumah selepas aktivitas harian sebelum tidur, kira-kira sekitar 5 hingga 10 menit. Latihan ini tidak hanya membantu mengatasi neck & shoulder pain, tetapi juga dapat menghilangkan rasa lelah secara keseluruhan. Dengan begitu kamu bisa memulai aktivitas kembali di keesokan hari dengan kondisi badan yang lebih fresh.

source: http://weheartit.com/entry/268100407/search?context_type=search&context_user=IIKoolKatII&page=2&query=stretch

It's simple & relaxing!