Kurangi Intensitas Kamu Nongkrong di Mall
 

source: https://videohive.net/item/two-girls-have-conversation-in-outdoor-coffee-shop/12476016


Sah-sah saja kalau kamu ingin nongkrong di cafe atau nonton film di bioskop. Tapi, kamu juga harus batasi intensitas nongkrong kamu itu kalau nggak mau dompet kamu jebol sebelum akhir bulan. Bayangkan saja harga tiket nonton sekarang paling tidak Rp50.000 dan belum lagi cost yang kamu keluarkan untuk beli cemilan dan makan siang paling tidak habis sekitar Rp80.000. Nah kalau ritual hedonmu ini sering kamu lakukan, jangan kaget kalau uang tabunganmu makin menipis. Sebaiknya batasi saja intensitas untuk pergi ke mal agar kamu bisa menekan pengeluaranmu. 
 


Selalu Bawa Uang Cash Secukupnya dan Hindari Membawa Uang Elektronik
 

source: https://www.stocksy.com/95449


Ini dia salah satu tips yang paling efektif untuk menekan pengeluaran kamu ketika pergi ke mal. Yup, dengan membawa uang secukupnya, kamu pasti akan mikir dua kali untuk mengambil kembali uang ke ATM ketika uang yang kamu bawa sudah habis. Kamu juga akan lebih pintar untuk membagi-bagikan jatah uangmu untuk kebutuhan yang kamu perlukan. Beda halnya jika kamu menggunakan uang elektronik seperti kartu kredit atau debit, kamu tidak akan merasa sayang untuk menghamburkan uangmu bahkan untuk hal yang tidak kamu perlukan.
 

<baca juga>


Membuat Daftar Belanja Sebelum Pergi ke Mal
 

source: http://www.hercampus.com/health/food/only-dorm-grocery-list-you-ll-ever-need


Membuat to-buy-list sebelum pergi berbelanja ternyata bisa meng-cut pengeluaran yang tidak kamu perlukan lho. As you know, saat pergi berbelanja pasti selalu ada aja godaannya untuk membeli barang-barang lucu yang bahkan tidak kita perlukan. Nah maka dari itu, to-buy-list ini bisa kamu jadikan panduan ketika membeli barang. 
 


Lebih Baik Pergi ke Mal Sendiri
 

source: http://www.rd.com/advice/saving-money/shopping-addiction/


When your budget is so tight but you have to go shopping, then go alone. Ketika di akhir bulan dengan sisa uang yang pas-pasan tapi kamu tetap harus membeli keperluan bulanan, lebih baik kamu pergi berbelanja sendiri. But why you should bother go alone? Hal ini perlu kamu lakukan untuk menjauhkanmu dari godaan membeli barang-barang atau spend money yang tidak jelas hanya karena ingin mengikuti teman yang kamu ajak. Nah jika kamu pergi ke mal sendirian, at least kamu bisa mengurangi godaan dari orang lain. 
 

<baca juga>


Jangan Jadikan Shopping Sebagai Hobi atau Hiburan
 

source: https://www.wien.info/en/shopping-wining-dining/shopping


Kalau shopping sudah kamu jadikan hobi... ini baru hal yang paling bahaya. Banyak wanita yang menjadi shopaholic karena mereka merasakan sensasi yang menyenangkan dan something pleasing ketika berbelanja. Bahkan ada beberapa wanita yang mengaku bahwa ketika pergi shopping, rasa stres yang mereka rasakan bisa berkurang. Ini dia yang bisa memicu seseorang menjadi spender dan tidak bisa mengerem pengeluaran mereka. So ladies, jangan jadikan shopping sebagai hobi kamu atau cara untuk menghilangkan stres ya karena akan memicu kamu untuk menjadi shopaholic.