Saat remaja, tubuh mengalami perubahan hormon yang sangat drastis sehingga membawa dampak besar pada fisik, terutama pada kulit wajah. Jerawat, minyak, dan wajah kusam akan sering sekali kamu alami. Maka dari itu, untuk membuat wajahmu tetap bersih dan segar serta makin cantik, perhatikan beberapa tips sederhana berikut ya.
 

Dos!

1. Cuci Muka 2x Sehari

Jangan malas mencuci wajah dan gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu, ya! Lakukan di pagi hari dan malam menjelang tidur. Jika kamu merasa terlalu malas untuk cuci wajah malam hari, setidaknya bersihkan dengan face cleansing wipes.  Sedikit info, tidur dengan make-up yang masih tertinggal akan memicu bakteri berkembang biak dan bakal bikin jerawatan.

baca juga

2. Pakai Moisturizer Setelah Cuci Muka

Pelembap wajah juga penting agar wajah tak kering dan mengembalikan tekstur wajah setelah mencuci muka. Meski punya wajah berminyak, jangan malas pakai moisturizer ya. Gunakan produk moisturizer khusus untuk jenis kulit berminyak.

3. Membersihkan Wajah Secara Mendalam

Hal berikut dapat kamu lakukan semingu sekali. Pakai masker yang dapat membersihkan wajah hingga ke dalam pori-pori untuk mengangkat kotoran yang tak dapat terjangkau di permukaan. Begitu juga dengan komedo. Kamu bisa mencoba produk pengangkat komedo seperti clay mask, pore strip, dan lainnya.

baca juga

4. Membersihkan Aplikator Make-up

source: http://sandsunandmessybuns.com

Agar bakteri tak sampai bersarang di alat make-up dan bikin wajah jadi breakout, bersihkan aplikator make-up setidaknya seminggu dua kali, terutama aplikator foundation. Bersihkan segera setelah kamu menggunakannya. Kamu bisa menggunakan baby oil, sabun bayi, atau cairan pembersih khusus brush dan Beauty Blender yang dijual di pasaran.

5. Banyak Minum Air

Agar wajahmu selalu terhidrasi dengan baik! Wajah yang terhidrasi akan terlihat lebih segar dan tak tampak kusam. Minumlah air minimal 8 gelas per hari.

Don'ts!

1. Memegang Wajah 

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling banyak mentransfer bakteri dan kotoran. Kontak langsung antara wajah dan tangan dapat menyebabkan perpindahan bakteri dan kotoran yang menyebabkan masalah baru pada kulitmu. Jika harus memegang wajah, cucilah tanganmu terlebih dahulu.

2. Makan Junk Food

Untuk mendapatkan wajah bersih, makanan yang kamu konsumsi setidaknya juga harus natural dan bergizi. Yap, mau tidak mau, makanan seperti junk food dan soda harus dikurangi meski sedikit demi sedikit. Lebih amannya, bawa bekal untuk mengurangi kebiasaan jajan di luar.

3. Menggunakan Make-up Lama

source: https://img.buzzfeed.com

Make-up yang telah kadaluarsa akan membuat wajahmu dari purging ringan hingga breakout! Maka dari itu, segera buang make-up yang sudah lama tidak dipakai maupun sudah mendekati batas waktu kadaluarsa pemakaian setelah kemasan dibuka.

4. Memakai Produk yang Tak Sesuai dengan Jenis Kulit

Menggunakan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulitmu justru membuat produksi minyak wajah jadi labil. Hal tersebut malah bisa memicu jerawat, alergi, dan bisa bikin bruntusan parah, lho. Jika kamu memiliki kulit berminyak, gunakan produk make-up dan skincare berlabel oil-free.

5. Mencoba tiap-tiap produk khusus jerawat

Lastly, mencoba menggunakan beberapa jenis produk anti-acne yang berbeda justru malah bikin jerawat makin parah. Sebab, kulitmu tak bisa mengondisikan diri dengan perpindahan produk anti-acne yang berbeda-beda dalam waktu singkat. Akibatnya, wajah menjadi iritasi, kemerahan,bahkan breakout yang makin menjadi-jadi. Duh!