source: http://beautynesia.id/5359


1. Gunakan Primer Sebelum Menggunakan Makeup Mata

Bagi kamu yang sering mengabaikan eye primer, you'd better watch it. Primer mata sangat penting untuk menciptakan permukaan mata yang lebih halus agar eye makeup bisa glide smoothly dan mudah untuk diaplikasikanPlus, riasan matamu juga bisa tahan lebih lama dengan bantuan eye primer ini lho. 


2. Jangan Gunakan Layer Makeup yang Tebal pada Area Kantung Mata

This is the total mistake. Banyak wanita yang sengaja menggunakan layer makeup yang tebal pada area bawah mata untuk menutupi lingkaran hitam. Padahal, hal ini hanya akan merusak riasan matamu dan membuatmu terlihat years older. Untuk menutupi dark circle dan kantung mata, cukup aplikasikan concealer dengan cara menepuk-nepukkannya dengan jari dan kunci menggunakan setting powder. Penggunaan beauty blender atau brush untuk mengaplikasikan concealer  hanya akan membuat riasan mata terlihat tebal. Pilih juga concealer dengan color correcting untuk menyamarkan warna gelap dan kebiruan pada dark circle. 


3. Pilih Sheer atau Cream Eyeshadow daripada Shimmery Eyeshadow

Shimmery eyeshadow hanya akan membuatmu terlihat lebih tua. Gunakan eyeshadow palet dengan warna-warna yang "kalem" dengan natural finish seperti matte atau sheer agar riasan mata terlihat lebih fresh. Creamy eyeshadow juga bisa menjadi pilihan terbaikmu.


4. Bermain dengan Shade Warna yang Natural atau Nude

Pemilihan warna eyeshadow sangat menentukan penampilanmu. Pilih warna-warna yang terlihat natural atau nude seperti soft pink, beige, atau peach untuk kelopak mata dalam dan warna yang lebih gelap seperti cokelat atau taupe untuk bagian lipatan mata. Jangan lupa untuk blend warna tersebut agar gradasinya terlihat halus. Warna-warna yang natural ini akan memberikan kesan mata yang lebih fresh dan terlihat muda. 


5. Gunakan Eyeliner Pensil untuk Menggambar Garis Mata yang Lebih Halus

Garis mata yang intens dan tebal akan membuatmu terlihat oldie. Daripada menggambar galis tebal menggunakan liquid eyeliner, sebaiknya kamu menggunakan eyeliner pensil atau gel liner untuk menggambar garis yang lebih halus. Triknya, gambar titik-titik di sepanjang garis mata dan blend menggunakan brush. Hindari gaya smoky eyes jika kamu tidak mau terlihat tua.  


6. Pilih Maskara yang Waterproof

Ketika memilih maskara, pilih maskara yang waterproof karena maskara yang luntur hanya akan membuat matamu hitam dan terlihat tua. Pilih juga maskara yang smudge-proof sehingga tidak terkesan tebal di bulu mata. The lighter is better.


7. Jangan Gunakan Eyeliner pada Bagian Bawah Mata

No need to draw your bottom lashes. Biarkan bawah matamu tanpa eyeliner untuk mencegah eyeliner yang luntur. Selain itu, bagian bawah matamu juga akan lebih tersorot sehingga dark circle dan kantung matamu semakin nampak jelas.