1. Baking Soda
 

source: http://www.healthyfoodhouse.com/how-to-fight-colds-and-the-flu-with-baking-soda/


Bahan alami satu ini memang sangat populer di dunia dental care karena kemampuannya yang baik untuk memutihkan gigi secara alami. Untuk menghilangkan plak dengan baking soda, kamu hanya perlu mengaplikasikannya pada sikat gigi yang basah dan gosokkan pada gigimu atau kamu bisa mencoba resep berikut ini.

  • Campurkan 1/2 cup baking soda dengan 250 ml air, 4 sdt glycerin, 10 tetes essential oil dan 1 sdt gel lidah buaya. Gunakan DIY toothpaste ini dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.  

 


2. Pewarna Makanan
 

source: http://www.mccormick.com/spices-and-flavors/extracts-and-food-colors/food-colors


Pasti banyak dari kamu yang tidak menyangka jika pewarna makanan ternyata bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan plak gigi. Kamu hanya perlu mengaplikasikan petroleum jelly terlebih dahulu ke seluruh bibirmu untuk melindunginya dari zat pewarna makanan. Setelah itu, campurkan beberapa tetes pewarna makanan (in any color) dengan 1 sdt air bersih. Celupkan sikat gigimu ke dalam cairan tersebut dan gosokkan secara menyeluruh ke gigimu yang terdapat plak. Bilas menggunakan air bersih dan gosok kembali gigimu dengan pasta gigi seperti biasanya.
 

baca juga


3. Strawberry dan Tomat
 

source: http://www.telegraph.co.uk/foodanddrink/recipes/11731109/Tomato-and-strawberry-salad-with-basil-and-garlic.html


Kedua buah ini kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk menghilangkan plak yang membandel di sela-sela gigimu lho. Cara menggunakannya, kamu bisa menggosokkan strawberry atau tomat pada area gigi yang terkena plak dan diamkan selama 5 menit agar formulanya bekerja. Bersihkan mulutmu dengan berkumur menggunakan campuran baking soda dan air hangat untuk membantu menghilangkan plak pada gigimu.
 


4. Keju
 

source: http://supermarketnews.co.nz/best-nz-cheese-crowned/


Makanan yang hampir disukai semua orang ini (except those who suffer dairy product allergic) sangat cocok untuk mencegah plak gigi agar tidak bertambah parah. Jenis keju yang bisa kamu gunakan di sini adalah keju cheddar, Swiss, atau keju yang sudah lama yang bisa mencegah asam mulut agar tidak membentuk plak. Cara mencegahnya pun sangat simpel dan lezat. Kamu hanya perlu mengunyah keju ini sebelum makan agar asam makanan tidak berubah menjadi plak.