Keringat dan pori-pori yang tersumbat oleh kulit mati dan kotoran bisa menjadi "pelaku" utama yang menyebabkan jerawat muncul di tubuhmu. Selain itu, penggunaan pakaian yang kotor dan terlalu ketat juga bisa menyebabkan permasalahan kulit ini. Nah untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba 4 tips jitu berikut ini!
 

source: http://www.westlakedermatology.com/blog/back-acne-causes-and-treatments


1. Rajin Mandi Setiap Hari

Menjaga tubuh agar selalu bersih merupakan hal mutlak yang harus kamu terapkan. It's a must. Mandi setiap hari sebelum tidur atau setelah melakukan aktivitas yang menguras keringat bisa menjaga tubuhmu dari kotoran dan bakteri keringat penyebab jerawat. Plus, tubuhmu juga akan terasa segar setelah mandi. 


2. Gunakan Sabun Mandi dengan Kandungan Salicylic Acid

Pemilihan sabun juga sangat penting untuk kulit berjerawatmu. Menggunakan sabun yang mengandung salicylic acid bisa menjadi cara paling efektif untuk mengatasi masalah jerawat di tubuh karena bisa memerangi bakteri jerawat dan membuat jerawat cepat kering.


3. Lakukan Spot Check secara Rutin

Walaupun terdengar sepele, ternyata dengan rutin mengecek jerawat di tubuhmu setiap bagun tidur bisa membuat kita lebih aware tentang lokasi jerawat dan banyaknya jerawat baru yang tumbuh lho. Kebiasaan ini pastinya bisa memudahkan kita untuk mengontrol perkembangan jerawat dan keefektifan metode penghilang jerawat yang kita gunakan. Selain itu, kamu juga bisa menghafal lokasi jerawat sehingga nantinya membuatmu lebih mudah untuk mengaplikasikan ointment atau obat jerawat yang kamu gunakan. 


4. Gunakan Produk Gel atau Cream Penghilang Jerawat

Sama seperti jerawat di wajah, kamu juga harus merawat jerawat di tubuh secara telaten dengan menggunakan produk khusus jerawat karena basically mereka sama-sama jerawat. Oleskan produk gel atau cream jerawat pada area tubuh yang terinfeksi jerawat setiap malam setelah mandi. Cara ini pastinya akan mempercepat perawatan jerawat dan membuatnya "lenyap" dari permukaan kulitmu.