Permasalahan bau kaki tak kunjung hilang, walaupun telah rutin membersihkan kaki? Mungkin masih ada beberapa orang yang mengalami hal seperti ini. Hal pertama yang harus dilakukan adalah cek kembali perawatan kaki apa saja yang telah dilakukan.

Apakah Kamu Sudah Melakukan Perawatan Kaki dengan Benar?


Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab bau kaki yang tak kunjung hilang ini.

source: http://weheartit.com/entry/224709938/

a. Mengabaikan Perawatan Kutikula

Penumpukan sel-sel kulit mati dan sebum pada bagian kutikula bisa menjadi makanan bagi bakteri-bakteri yang tersembunyi di kaki. Jadi, jika perawatan kutikula ini diabaikan, maka bakteri akan lebih mudah berkembang biak sehingga memunculkan bau.

<baca juga>

b. Mengabaikan perawatan kuku

Mengabaikan perawatan kuku dan membiarkannya panjang dalam jangka waktu yang cukup lama juga bisa menjadi sarang bagi bakteri untuk berkembang biak. Hal ini juga bisa memicu permasalahan bau kaki yang muncul.
 

c. Mengabaikan perawatan sepatu

Tanpa disadari kaki juga mengeluarkan keringat selama menggunakan sepatu. Oleh karena itu, jika sepatu tidak dirawat secara rutin maka bau yang dihasilkan dari keringat akan terus menempel.
 

Bau Kaki Juga Bisa Disebabkan Oleh Penyakit Tertentu


Selain disebabkan oleh beberapa kebiasaan sederhana yang telah disebutkan di atas, permasalahan bau kaki juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu.

Beberapa penyakit yang dianggap sebaia pemicu bau kaki, antara lain: ketidakseimbangan sistem saraf otonom; tinea pedis (kurap kaki); diabetes

source: http://weheartit.com/entry/270057941

Tergangggunya sistem saraf otonom dapat membuat tubuh mengeluarkan keringat berlebih. Semakin besar jumlah keringat yang dikeluarkan, semakin besar kemungkinan bagi bakteri untuk berkembang biak. Hal inilah yang kemudian dinilai sebagai pemicu munculnya bau tidak sedap pada kaki.

Sedangkan penyakit tinea pedis atau yang dikenal dengan istilah kurap ini disebabkan oleh berkembangnya jamur trichophyton pada kaki, sehingga terdapat kecenderungan mengeluarkan bau tidak sedap pada kaki.

<baca juga>

Jadi, bagaimana sebaiknya mengatasi permasalahan satu ini?

Jangan Abaikan Perawatan Sederhana


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perawatan kutikula dan kuku kaki sangat penting untuk mengatasi permasalahan bau kaki.

source: http://itsudemoplus.com/post-632-632/

Tidak hanya membersihkan kotoran yang menempel pada kaki, bersihkan juga bagian kutikula kuku kaki dengan cara menggosokknya secara perlahan.

Bila dibandingkan dengan kuku tangan, mungkin perawatan kuku kaki lebih sering terlewatkan. Tapi usahakan untuk selalu rutin memotong kuku kaki untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Saat memakai sepatu boots, pump shoes, atau jenis sepatu lainnya yang cenderung membuat kaki berkeringat, sebaiknya gunakan kaos kaki 5 jari atau stocking berbahan dasar katun agar mudah menyerap keringat. Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah mencuci kaos kaki yang biasa digunakan menggunakan air hangat untuk mensterilkan bakteri-bakteri yang mungkin menempel.

Coba Cara Ampuh untuk Hilangkan Bau
Selain memperbaiki kebiasaan dalam perawatan kaki, ada beberapa hal lain yang bisa kamu coba untuk mengatasi bau kaki yang mengganggu ini.

a. Mendinginkan Sepatu

Jika bau pada sepatu tidak segera ditangani, maka besar kemungkinan akan menempel kembali pada kaki. Mendinginkan sepatu dengan cara menyimpannya di dalam freezer bisa dibilang menjadi cara termudah untuk mengatasi hal ini. Bakteri yang mungkin menempel pada sepatu yang telah digunakan seharian tidak dapat bertahan di dalam suhu freezer. Bungkus sepatu di dalam plastik, lalu simpan di dalam freezer selama semalam.

source: http://suzured.com/129.html
b. Merendam Kaki dengan Cuka & Baking Soda

Hal ini juga dianggap efektif karena pada dasarnya penyebab munculnya bau pada kaki berasal dari zat asam. Cuka yang memiliki sifat asam dapat menciptakan lingkungan yang tidak nyaman bagi bakteri. Sedangkan baking soda memiliki sifat alkali sehingga dapat membantu menetralkan sifat asam pada bakteri penyebab bau kaki.

 
source: http://slism.net/beauty/footbath-effect.html

Buatlah rendaman kaki dengan menggunakan campuran air hangat, baking soda, dan sedikit cuka. Rendam kaki setidaknya selama 15 menit, kemudian keringkan dengan handuk. Lakukan perawatan ini secara rutin, setidaknya hingga satu bulan atau hingga dirasa bau kaki telah mereda.

Let's keep our feet clean & fresh!