You are what you eat. Pepatah ini memang tidak bisa lepas dari kita yang memang menggantungkan hidup pada makanan. Walaupun makanan bisa memberi kita "kehidupan", tetapi sekarang sudah banyak ditemukan bahan-bahan pada makanan yang justru mengancam kesehatan kita. Horornya lagi, bisa jadi bahan-bahan berbahaya ini tanpa kamu sadari telah lama terkandung dalam makanan favoritmu lho. Yuk, ketahui bahan-bahan berbahayanya berikut ini agar kamu bisa lebih aware dengan bahan berbahaya ini!
 


1. Pemanis Buatan
 

source: http://bellalamag.com/morning-noon-night-foods-will-gut-right/


Harsh truth, pemanis buatan ini super common ditemukan pada makanan yang berlabel "diet" atau "sugar-free" lho. Kenapa bisa begitu? Basically, makanan yang memiliki embel-embel sugar-free atau bagus untuk diet memang tidak mengandung gula sama sekali. Karena tidak menggunakan gula, para produsen mencari alternatif pemanis lain agar makanannya tidak terasa bland, and one of the simplest way is to add artificial sweeteners. Tapi, justru pemanis buatan ini lebih berbahaya dibandingkan gula.

Beberapa pemanis buatan yang harus kamu jauhi antara lain:

  • acesulfame potassium
  • aspartame
  • sucralose
  • glucose
  • fructose
  • dextrose
Kabar buruknya, pemanis buatan ini sering sekali ditemukan pada makanan seperti yogurt, permen karet mintskopi dan teh instan, susu cair, dan tentu saja makanan berlabel sugar-free.
 


2. High Frucrose Corn Syrup
 

source: http://worksnug.com/blog/join-jelly-for-a-delicious-taste-of-coworking


High Fructose Corn Syrup (HFCS) merupakan gula yang diproses melalui konsentrasi gula yang sangat tinggi sehingga membuatnya super manis dan addictive. Kadar gula yang sangat tinggi ini lah yang membuat HFCS patut untuk kamu hindari. Pada label makanan, biasanya HFCS dicantumkan sebagai High Fructose Corn Syrup atau hanya dicantumkan sebagai HFCS. List makanan yang sering mengandung HFCS biasanya meliputi roti, saos, sereal, mayonnaise, makanan beku, yogurt, soda, dan jelly. 
 


3. Bahan Pengawet
 

source: http://www.tokomesin.com/peluang-bisnis-nugget-dan-analisa-bisnisnya.html


Pastinya kamu sudah mengetahui berbagai potensi penyakit yang dibawa oleh bahan pengawet makanan ini ya Beautynesian, bahkan bahan pengawet juga bisa memicu kanker. Seperti bahan pemanis buatan, bahan pengawet makanan juga sering ditemukan pada makanan siap saji dan juga produk olahan daging yang membutuhkan pengawet agar bisa bertahan lebih lama. 

Jenis bahan pengawet makanan yang harus kamu waspadai tercantum di dalam kemasan makanan favoritmu antara lain nitrates, Butylated Hydoxyaisole (BHA), dan sodium benzoat. Jadi, kamu harus berhati-hati jika menemukan bahan-bahan ini pada kemasan makanan.  
 


4. Hydrogenated Oil 
 

source: http://whatsgabycooking.com/homemade-granola-bars/


Bahan makanan kali ini merupakan minyak buatan yang dibuat dengan menyuntikkan zat metal seperti alumunium, platimum, atau nikel ke dalam minyak alami sehingga tekstur minyaknya akan menjadi lebih solid. 

Hydrogenated oil ini biasanya disebut sebagai partially hydrogenated, fully hydrogenated, hydrogenated, dan interestified di dalam kemasan makanan. Kabarnya, hydrogenated oil ini banyak ditemukan pada diary product seperti daging, keju, dan yogurt, dan juga produk kemasan lainnya seperti biskuit cracker, cokelat panas, popcorn siap jadi, salad dressing, creamer, dan juga granola bars. 
 


5. Monosodium Glutamate (MSG)
 

source: http://deliciousliving.com/blog/brief-and-interesting-history-msg


Least but not least, bahan makanan satu ini memang paling sulit untuk dihindari. Walaupun bisa menjadikan cita rasa masakan menjadi magically enak, tetapi MSG atau yang sering kita sebut mecin menyumbang banyak bahaya bagi kesehatan tubuh lho. MSG bisa merusak sel otak sehingga memicu berbagai penyakit otak. Jadi jika ada candaan yang mengatakan seseorang bisa menjadi bodoh karena mecin, sadly bercandaan itu benar. 

Ada beberapa efek samping lain yang disebabkan oleh MSG seperti sakit kepala, pusing, dan juga mudah merasa lelah. Jadi, hindari penggunaan MSG yang berlebihan ya Beautynesian!