Meski kini banyak perempuan yang mengikuti tren lip make-up yang meramaikan feeds Instagram, faktanya tak semua jenis bibir bisa cocok dengan lip make-up tersebut. Apalagi, jika kamu salah satunya yang pernah gagal mencoba trik lip make-up ala Instragram. Well, tak perlu berkecil hati, simak trik lip make-up sesuai tipe bibirmu agar terlihat makin cantik.

1. Top Heavy Lips
 

source: http://www.stylecraze.com/

Trik #1
  • Mulailah membingkai bibir dari bagian tengah ke luar mengikuti garis bingkai bentuk bibir. Kemudian, pulaskan lipstik berwarna cerah pada bibir bawah dan warna setingkat lebih gelap pada bibir bagian atas untuk menciptakan ilusi bibir lebih kecil.
Trik #2
  • Alternatif kedua, kamu bisa pulaskan warna lipstik yang sama pada seluruh bagian bibir, kemudian tambahkan sedikit warna putih menggunakan eyeshadow atau white pencil liner di tengah bibir bagian bawah untuk menyeimbangkan dengan bibir bagian atas dan membuatnya tampak penuh.
Trik #3
  • Trik lainnya, kamu bisa menggunakan lip pencil untuk mengikuti garis dalam bibir naturalmu, kemudian gunakan lipstik berwarna gelap untuk membuatnya lebih bold.

 

2. Bottom Heavy Lips 
 

source: http://www.stylecraze.com/


Bibir yang lebih tebal di bagian bawah pada dasarnya adalah bentuk bibir yang menarik. Namun, sebagian perempuan tak mau lip makeup mereka terlihat lebay dan terlalu menggoda. Berikut trik agar bentuk bibir ini terlihat lebih proposional.

Trik

  • Pulaskan warna lipstik yang sama pada bagian atas dan bawah bibir. Kemudian, tambahkan sedikit white pencil liner atau creamy nude matte eyeshadow hanya pada bagian tengah bibir bagian atas untuk menyeimbangkannya dengan bibir bagain bawah dan membuat bibir lebih penuh.

 

3. Uneven Lips
 

source: http://www.stylecraze.com/


Trik

  • Selalu bawa lip liner untuk membingkai bentuk bibirmu yang kurang proposional. Bingkai bibir bagian atas terlebih dahulu hingga tampak seimbang, lanjutkan untuk membingkai bibir bagian bawah.
  • Baurkan bingkai lip liner tipis-tipis agar tepiannya tidak terlihat terlalu tajam dan hasil akhir yang lebih natural.

 

4. Flat Lips
 

source: http://www.stylecraze.com/


Bibir tipe flat lips merupakan jenis bibir yang tidak memiliki dimensi atau tak memiliki bagian yang menonjol pada bibir, serta sangat datar dan garis bibir yang samar. Pemilik bibir tipe ini sangat cocok menggunakan warna lipstik apa saja, mulai dari warna-warna soft, terang maupun gelap. Nah, gunakan trik berikut untuk membuat bentuknya makin tegas dan indah.

Trik#1

  • Bingkai bibir sedikit diluar garis bibir natural dengan lip liner.
  • Untuk bibir tampak lebih penuh dan memiliki efek plumping, kamu bisa menggunakan lipstik dengan formula shimmery atau frosty.
Trik #2
  • Ombre lips juga sangat cocok diaplikasikan pada bibir tipe ini. Mulailah memulas bagian luar bibir dengan warna gelap, kemudian isi bagian tengah dengan warna soft atau warna yang lebih cerah.

Trik #3
  • Sah-sah saja jika ingin menggunakan warna lipstik yang sama. Tambahkan sedikit shimmery highlighter pada bagian cupid bow dan dibawah garis bibir bagian bawah untuk membuat bibir lebih plump.

5. Thin Lips
 

source: http://www.stylecraze.com/


Bibir tipis memerlukan lip make-up yang membuat bibir lebih berdimensi dan lebih plump. Here's the trick!

Trik

  • Bingkai bibir dengan lip liner mengikuti garis bibir natural. Kemudian, baurkan lip liner agar garisnya lebih soft.
  • Pulas lipstik berwarna gelap pada bagian bawah bibir dan warna lebih terang pada bagian atas bibir. Lalu, baurkan kedua warna tersebut menggunakan kuas bibir bersih.
     

6. Overlarge Lips
 

source: http://www.stylecraze.com/


Bibir tipe overlarge lips biasanya mendominasi bagian wajah. Yap, salah lip make-up justru membuat pemilik bibir jenis ini terlihat berlebihan. Kuncinya, pilih lipstik matte berwarna lembut.

Trik

  • Pilihlah nude shade untuk warna lipstik.
  • Untuk menyeimbangkan bibir dengan bagian wajah lainnya, do the smokey eyes atau beri highlighter pada pipi untuk mengalihkan perhatian.

 

7. Small Lips
 

source: http://www.stylecraze.com/

Bibir tipe ini memang terlihat cute. Kunci dari lip make-up yang cocok untuk tipe ini adalah membuat pout lips agar bibir dapat terlihat menonjol. Follow these tricks!

Trik

  • Shimmery, frosty or glossy lipstick definitely your best choice! Lipstik dengan formulasi tersebut akan membuat bibir tipismu terlihat penuh.


Trik #2

  • Jangan mengaplikasikan lipstik berwarna gelap karena akan membuat bibirmu terlihat lebih kecil. Sebaliknya, warna-warna cerah, soft, maupun nude adalah pilihan yang tepat untuk menonjolkan bentuk bibir.