1. Hindari Penyebab Migrain

Alkohol, keju, makanan tinggi asam, dan zat nikotin dalam rokok dapat memicu timbulnya sakit kepala akibat migrain. Migrain juga bisa disebabkan oleh faktor lingkungan seperti aroma parfum yang terlalu tajam, kerlap-kerlip lampu atau sinar matahari yang terlalu terik, lelah karena kemacetan, stres, dan lain sebagainya. Jadi sebisa mungkin hindari hal-hal tersebut saat migrain menyerang agar tidak semakin parah.
source: http://intisari-online.com/read/kenali-10-pemicu-migrain

2. Perhatikan Kadar Gula Darah

Penurunan kadar gula darah dapat memicu naiknya tekanan darah yang kemudian berujung pada migrain. Biasakan untuk tidak membiarkan perutmu kosong lebih dari 12 jam agar kadar gula darah dalam tubuhmu tidak turun secara drastis. Coba konsumsi buah-buahan, sayur, dan makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah secara perlahan.
source: http://symb4h3.blogspot.com/2014/09/ini-5-cara-mudah-cegah-migrain-yang.html

3. Pijatan Ringan

Migrain bisa terjadi karena aliran darah ke bagian kepala tidak lancar. Pijatan di beberapa titik dari kepala dapat membantu mengurangi sakit karena migrain. Pijat bagian pelipis mata, tengkuk atau leher bagian belakang, kemudian leher dan bahu. Pijatan ini akan membuat aliran darah ke kepala menjadi lancar dan meredakan migrain.
source: http://www.tulisan.org/2014/12/cara-jitu-mengatasi-migrain-tanpa-obat.html
Lakukan pijatan dengan lembut pada bagian kepala yang sakit dengan menggunakan jari telunjuk atau ibu jari secara berputar selama 7-15 menit.
source: http://meetdoctor.com/article/obat-sakit-kepala-yang-alami/pijat-1

4. Cukup Minum Air Putih

Jaringan di sekitar otak yang terdiri dari air dapat mengalami dehidrasi yang kemudian akan menyusut dan memicu munculnya migrain. Biasakan minum cukup air untuk menghidarkanmu dari migrain karena dehidrasi jaringan otak! Bila migrain menyerang, cobalah minum air putih minimal 2 liter sehari lalu beristirahat.
source: http://www.ciputraentrepreneurship.com/kesehatan/usir-migrain-dengan-konsumsi-air-putih
Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Neurology, para peneliti mengambil sejumlah penderita migrain. Kemudian, para penderita migrain tersebut dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mengambil plasebo (obat palsu yang bentuknya mirip dengan obat asli). Kelompok kedua diminta untuk minum 1,5 liter air putih (sekitar enam gelas) sehari. Dalam waktu dua minggu kemudian, kelompok yang minum air putih merasakan bahwa rasa sakit kepalanya berkurang.
source: http://femalemagz.com/manfaat-air-putih-bisa-mencegah-sakit-kepala-hingga-membuat-anda-kaya/

5. Matikan Lampu dan Pergi Tidur

Cahaya lampu atau sinar matahari yang terlalu terang dapat membuat sakit kepala akibat migrain semakin menjadi-jadi. Maka dari itu sebaiknya kamu segera pergi ke kamar, matikan lampu, lalu tidur jika kamu mengalami migrain. Ruangan gelap akan membantumu mengurangi rasa sakit dan membuatmu dapat beristirahat total.
source: http://id.wikihow.com/Cepat-Menghilangkan-Migrain

6. Dinginkan Kepala, Hangatkan Tubuh

Dalam kondisi migrain, darah akan lebih cepat mengalir ke kepala. Jadi bila perlu kompres bagian kepala yang sakit dengan air es untuk meredakan sakitnya. Kamu juga bisa berendam dengan air hangat atau biarkan tubuhmu terbungkus selimut untuk menjaga suhunya tetap hangat.
source: http://meetdoctor.com/article/obat-sakit-kepala-yang-alami/kompres
Kompres dingin mengurangi sakit kepala dengan menurunkan ambang rangsang nyeri dan mengurangi peradangan di otot-otot kepala dan leher.
source: http://meetdoctor.com/article/obat-sakit-kepala-yang-alami/kompres
Sebelum memutuskan minum obat, coba lakukan tips di atas untuk mengurangi migrainmu, ya. Semoga bermanfaat!