1. Hindari Sinar Matahari
 

source: http://www.jelenapantic.com/sta-je-pozitivna-psihologija/


Paparan sinar matahari yang terlalu sering bisa memperbesar pori-porimu lho. Bagaimana bisa? Sinar UV akan masuk ke dalam kulit dan menyerang kolagen serta elastin sehingga membuat kulit semakin menipis. Kulit tipis ini pastinya akan membuat pori-pori semakin visible dan membesar. Gunakan selalu sunscreen atau sunblock ketika keluar rumah ya Beautynesian. 
 


2. Sering Membersihkan Pori-Pori dari Komedo dan Kotoran
 

source: http://www.superdrug.com/blog/tutorials/how-to-get-rid-of-blackheads


Beautynesian, pori-pori tersumbat merupakan penyebab utama pori wajah yang membesar. You'd better write that on your note.  Jadi, pastikan untuk selalu membersihkan blackhead dan white head yang menyumbat pori-pori wajahmu secara rutin. Lakukan perawatan scrub secara rutin atau kamu bisa mencoba membuat resep alami membuat pore strip sendiri di rumah berikut ini. Jangan lupa juga untuk membersihkan wajahmu pada malam hari sebelum tidur dan setelah berolahraga agar debu dan kotoran tidak menyumbat pori-pori. 

 

baca juga


3. Perawatan Clay Mask secara Rutin
 

source: https://amandamariephelps.wordpress.com/tag/dead-sea-mud-mask/


Pori wajah yang bebas dari kotoran dan komedo menyumbat merupakan kunci dari pori-pori yang rapat, and clay mask is one of excellent way to remove impurities. Lumpurnya akan menerobos ke dalam pori-pori yang tersumbat dan mengangkat kotorannya dari dalam sehingga pori-porimu akan bersih dan mengecil. 
 


4. Atau... Coba Masker Putih Telur!
 

source: http://youngandflawless.com/index.php/2016/10/11/2230/


Nah masker putih telur juga ampuh untuk mengecilkan pori-pori lho. Putih telur dapat mengencangkan kulitmu sekaligus mengencangkan pori-pori. 
 

baca juga


5. Mengeksfoliasi Kulit Wajah dengan Alpha Hydroxy Acids (AHAs)
 

source: http://www.katelavie.com/2013/04/exfoliating-overnight-heroes.html


Rajin mengeksfoliasi kulit equals to kulit wajah yang bersih plus pori-pori yang tidak tersumbat oleh kotoran dan sel kulit mati. Nah salah satu bahan aktif yang bagus untuk mengeksfoliasi kulit adalah glycoloic acids yang mengandung AHAs. Lakukan perawatan eksfoliasi kulit secara rutin minimal dua kali seminggu untuk membantu regenerasi kulit wajah dan membiarkan pori-porimu bernapas lega. 
 


6. Berhenti Memenceti Komedo dan Jerawat!
 

source: http://thehealthinfosite.com/getting-rid-of-pimples-fast-overnight/


Try the simplest method to stop picking! Trauma yang disebabkan oleh kebiasaan burukmu memenceti komedo dan jerawat bisa menyebabkan pori-pori semakin membesar dan sulit untuk mengecil kembali. Karena itu, stop memenceti wajahmu ya jika kamu menginginkan pori-pori yang kecil.