Kimchi merupakan makanan fermentasi yang menjadi sumber sangat baik dari probiotik. Probiotik ini akan menjaga tubuh tetap sehat dan membantu melawan semua infeksi. FYI, kimchi juga baik sebagai makanan untuk menurunkan berat badan, lho! Sebab, kimchi memiliki lactobacillus yang merupakan bakteri baik yang dapat menahan nafsu makan dengan mengurangi kadar gula darah. Juga kandungan seratnya yang tinggi dapat menjaga perut tetap kenyang. Yuk segera membuatnya!
 

source: http://www.toryschoice.com/kimchi.html


 

Bahan-Bahan :

1 Ikat Sawi (Ukuran Sedang)
2 buah wortel (Potong Korek Api)
1 buah Lobak putih (Potong Korek Api/bulat/bisa sesuai selera)
2 sdm Sambal Balado  (jika ada gochujang, kamu bisa pakai gochujang sebagai pastanya)
1 bungkus boncabe
1 bungkus saori saus tiram
1 sendok makan ebi (sangrai)
1/2 sendok teh gula putih
 


 

<baca juga>

Cara Membuat:

  • Cuci bersih sawi, wortel, dan lobak putih, kemudian rendam dalam air garam selama 1-2 jam agar ulat dalam sawi keluar juga sayuran menjadi layu. Cuci kembali dengan air bersih, lalu simpan di wadah atau baskom untuk membuat kimchi.
  • Masukkan ebi yang sudah disangrai kemudian aduk dengan sedikit di remas agar meresap ke dalam sayuran.
  • Masukkan sambal balado, saus tiram, boncabe aduk hinga bahan tercampur rata dan bumbu sudah meresap ke dalam sayuran.
  • Masukkan gula putih, setelah itu simpan kimchi dalam toples bersih yang ditutup rapat. Kemudian, simpan selama 1-2 hari agar proses fermentasi berhasil.


Namun jika kamu tidak suka rasa kimchi yang difermentasi, kamu bisa langsung memakannya kok. Hal ini juga tidak kalah enak dengan kimchi fermentasi lho. Selamat mencoba resepnya ya, Beautynesian!


 

source: http://www.wikihow.com